HEADLINE

Jalin Keakraban Menjelang Pilratin

Gedungsurian, WL - Dalam rangka meraih suara terbanyak menjelang pesta demokrasi Pemilihan Peratin (Pilratin) di Pekon Puramekar Kecamatan Gedungsurian Kabupaten Lampung Barat (Lambar), beberapa bulan ke depan, para calon peratin (catin) mulai melakukan pendekatan terhadap warga calon pemilihnya.

Salah satunya kubu catin Drs. Rusman yang juga mantan orang nomor satu di pekon tersebut, kini mulai melakukan pendekatan dengan menebar nuansa politik untuk meraih suara terbanyak. Hal tersebut dijelaskan tokoh masyarakat setempat Jhon, kepada Warta Lambar, Rabu (28/9).

Menurutnya, berbagai macam cara dilakukan para catin untuk mendapatkan dukungan dan meraih suara terbanyak dalam pesta demokrasi enam tahunan itu. “Calon-calon itu mulai merapat dan mulai murah senyum dengan warga. Jika sebelumnya sangar, sekarang mulai agak lembut dan ramah,” jelasnya.

Ditambahkannya, para catin itu kini bersaing dalam mendapatkan simpati dan dukungan warga dengan menggunakan cara masing-masing. Salah satunya dengan cara mendatangi langsung warga dari rumah ke rumah (door to door) seraya menyampaikan visi dan misinya. Selain itu para catin tersebut masing-masing
memiliki tim sukses dan diperbantukan menyampaikan visi dan misi itu agar mendapat dukungan yang maksimal.

Para catin tersebut, terkadang mengundang warga dengan menggelar acara syukuran dan makan bersama sembari mengharapkan dukungan dengan menyampaikan visi dan misi masing-masing.

Masih kata Jhon, para catin tersebut menggunakan berbagai macam cara dengan alasan membantu warga yang membutuhkan serta membagikan sembako. “Semua itu intinya mengharapkan dukungan akan tetapi dipoles dengan kata-kata membantu,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, warga lainnya Imam, mengatakan siapapun yang menjadi pemimpin nantinya diharapkan mampu mensejahterakan warga serta dapat memajukan pekon. “Yang penting masyarakat sejahtera dan pekon maju,” ungkapnya. Dia juga berharap dalam kepemimpinan siapapun juga yang nantinya
meraih suara terbanyak harus benar-benar menjadi pemimpin yang amanah.

Terpisah, Camat Yuda Setiawan. SIP menambahkan siapapun yang menjadi peratin nantinya mampu menjadi pemimpin yang bijaksana dan selalu mengutamakan kesejahteraan warga serta mampu meningkatkan kemajuan pekon. “Jadilah pemimpin yang arif dan bijaksana,” pungkasnya. (san)

Kamis, 29 September 2011

Tidak ada komentar