HEADLINE

Hujan, Warga Mulai Garap Sawah

Lumbokseminung, WL - Setelah sekian lama areal persawahan warga Pekon Kagungan Kecamatan Lumbokseminung Kabupaten Lampung Barat (Lambar), kekeringan. Kini setelah beberapa kali diguyur hujan, warga mulai mengolah areal persawahannya kembali.

Tokoh masyarakat setempat, Darkoni, kepada Warta Lambar, Selasa (27/9), mengatakan selama musim kemarau melanda areal persawahan yang terhampar luas tersebut, banyak yang tidak dikelola pemiliknya. Hal tersebut akibat sumber air yang kering.

Bahkan beberapa areal sawah dikelola oleh pemiliknya dengan beralih fungsi yaitu menanam berbagai jenis sayuran, seperti jagung dan cabai. Meski hasil yang didapatkan tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Darkoni menambahkan sejak hujan mengguyur daerah tersebut bebrapa hari yang lalu, bebeberapa petak sawah warga kini digenangi air. Sehingga sawah kembali diurus warga. Dengan harapan musim penghujan berlanjut.

Dikatakan, sumber air yang selama ini digunakan untuk mengairi areal persawahan warga, dia mengatakan bersumber lereng Gunung Lumpokway. Sumber tersebut mengalami kekeringan, meski mengalir tidak sampai ke sawah warga karena irigasi yang ada masih sederhana  dan belum dibangun. “Harapan kami, instansi terkait melihat yang dialami warga untuk mengatasi kekurangan air,” pungkasnya. (rom)

Rabu, 28 September 2011

Tidak ada komentar