HEADLINE

Berobat KB Gratis untuk Sukseskan TMMD

Sekincau, WL - Sebagai salah satu program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD), bersama Puskesmas Sekincau,  hari ini Selasa (18/10) menggelar pengobatan dan pelayanan Keluarga Berencana (KB) gratis. Dengan sasaran lima pekon di Kecamatan Pagardewa Kabupaten Lampung Barat (Lambar), yang juga pusat kegiatan TMMD ke-87, Rencana kegiatan akan digelar dibalai Pekon Pahayujaya tersebut dimulai pukul 08.00 hingga selesai.

Hal tersebut dijelaskan Kepala Puskesmas Sekincau H.M. Aminuddin, S.KM., kepada Warta Lambar Senin (17/10), kegiatan tersebut merujuk surat dari Dinas Kesehatan (Diskes) Lambar, yang berisi berdasarkan surat dari Komando Resort Militer 043/Gatam Komando Distrik Militer 0422/Lambar tanggal 12 oktober 2011 perihal permohonan tenaga kesehatan dan obat-obatan untuk pengobatan massal gratis dalam rangka TMMD ke-87 Kodim 0422/Lambar TA 2011. Dengan adanya suratb tersebut pihak puskesmas menyampaikan kesiapannya untuk mensukseskan salah satu program unggulan pemkab tersebut.

Sebanyak tujuh tenaga medis yang diberikan tugas antara lain, Dr. Ready Ruwanda Susanto, tiga tenaga keperawatan, Tuah Padan Sinaga, A.Md.Kep., Belli Irawan, A.Md.Kep., dan Nurhadi, A.Md.Kep., serta tiga bidan Veranila Sinaga, A.Md.Keb., Fitrianti, A.Md.Keb., serta Puguh Sutiono, A.Md.Farm. “Ketujuh tenaga medis tersebut menyatakan kesiapannya untuk menjalankan tugas dengan baik,” ucapnya.

Lanjutnya, dengan digelarnya pelayanan kesehatan gratis di Kecamatan Pagardewa dalam ikut serta salah satu program TMMD tersebut diharapkan pelayanan pengobatan gratis tersebut bisa dimanfaatkan masyarakat setempat, dan pelayanan yang diberikaqn tidak dibatasi hanya  saja melihat kondisi pasien yang datang. “Jika kondisi fisiknya sudah tidak memungkinkan untuk diberikan pelayanan pengobatan jalan kami akan merujuk pasien agar dirawat di Rumah Sakit Umum Liwa (RSU Liwa),” tambahnya.

Masih kata dia, selain memberikan pelayanan pengobatan gratis pihaknya juga memberikan pelyanan KB gratis, dengan rincian KB susuk (Inplan), KB suntik, Pil, Kondom, Ayudi spiral atau Alat Kontrasepsi Dalam Rahim (AKDR). “Pelayanan KB gratis  tersebut juga tidak dibatasi dan diharapakan masyarakatb setempat mepergunakan kesempatan tersebut sebaik mungkin,” tutupnya. (nop)

Selasa, 18 Oktober 2011

Tidak ada komentar