HEADLINE

SDI 1 Muhammadiyah Halal Bihalal

Jum'at, 09 September 2011

Bandaralampung, WL -  Hari pertama masuk sekolah, Kamis (8/9), menjadi momen saling memaafkan dan
berbagi cerita liburan bersama teman-teman yang tidak berjumpa selama kurang lebih tiga pekan lamanya. Setidaknya demikian yang biasanya terjadi di kalangan siswa sekolah.

Namun lain halnya yang terjadi di hari pertama sekolah-sekolah yang ada di Bandarlampung kali ini. Karena liburan yang bertepatan dengan jatuhnya Hari Raya Idul Fitri 1432 H., kebanyakan sekolah-sekolah di Bandarlampung melakukan halal bihalal.

Seperti yang dilakukan di Sekolah Dasar Islam (SDI) Muhammadiyah 1 Bandarlampung, dimana seluruh siswa dan dewan guru beserta kepala sekolah memperingati halal bihalal. Umumnya mereka membawa makanan ringan dari rumah masing-masing dan saling bertukar penganan usai bersalaman dengan dewan guru.

Menurut Maryana, salah satu dewan guru yang dikonfirmasi koran ini, para siswa memang telah dikondisikan sebelum libur, sehingga saat masuk dan acara halal bihalal pun dapat berjalan, sama seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Hal ini bukan untuk hura-hura, tetapi untuk saling menyatukan mereka agar lebih akrab. Kami dewan guru pun sudah membawa penganan masing-masing. Jadi memang kami tidak meminta kepada siswa. Ini juga sukarela dari siswa sendiri,” Jelasnya.

“Selain maaf-maafan antarsiswa, dewan guru, dan kepala sekolah, momen ini juga untuk lebih mendekatkan mereka. Selain itu, tujuan utama halal bihalal ini sendiri adalah untuk saling bermaafan dan kembali ke fitrah, sehingga nantinya saat kembali belajar sudah tidak ada lagi beban.” (len)

Tidak ada komentar