HEADLINE

Pesisir Lumbung Kelapa Dalam

MONYET : Untuk memanjat dan mengambil buah kelapa di pesisir sebagian memanfaatkan ketangkasan monyet yang telah dibekali keterampilan memetik buah kelapa. (Foto NOVAN E)

Kamis, 22 September 2011

Pesisir Selatan, WL - Wilayah pesisir merupakan penghasil buah kelapa dalam yang cukup besar. Itu dibuktikan dengan banyaknya masyarkat pesisir yang berkebun kelapa. Tak terkecuali Pekon Bangunnegara Kecamatan Pesisir Selatan Kabupaten Lampung Barat (Lambar).

Peratin, Arif Santosa, kepada Warta Lambar, Rabu (21/9), mengatakan masyarakat pesisir merupakan penghasil kelapa terbesar di wilayah Lambar. Itu terlihat dari banyaknya para pembeli yang dari luar daerah Lampung. Masyarkat di pekon itu cukup banyak yang menjadikan kebun kelapa sebagai tabungan keluarga. “Di pekon ini kebun kelapa cukup luas, dan kualitasnya cukup baik,” ungkap Arif.

Masih kata Arif, umumnya tanah yang berada di pinggir pantai sudah ditanam kelapa. Kualitas kelapa yang berasal dari wilayah pesisir sudah dikenal hingga Pulau Jawa. “Bukan hanya kelapanya saja, kulit kelapa yang sudah dikupas juga dapat dimanfaatkan, sekarang sudah banyak yang membeli kulit-kulit kelapa tersebut,” tambahnya.

Arif mengharapkan campur tangan pemkab, agar warga yang memiliki kebun kelapa dapat memaksimalkan hasil buah kelapa yang diambil. Mengingat kebun kelapa yang cukup di wilayah pesisir merupakan  kebanggaan Lambar.

“Diharapkan pemkab dapat memberikan solusi kepada masyarakat tentang tata cara perawatan kebun kelapa yang baik,” pungkas Arif. (nov)

Tidak ada komentar