HEADLINE

Baru Empat Tahun Dibangun, Sekolah Roboh

ROBOH  : Gedung SMPN 4 Krui yang baru dibangun empat tahun lalu roboh.
Itu membuktikan pengerjaannya yang asal-asalan. (Foto SAMSUL H.)

Kamis, 22 September 2011

Pesisir Tengah, WL - Rendahnya mutu bangunan dan lemahnya pengawasan penyebab runtuhnya atap gedung SMPN 4 Krui Kecamatan Pesisir Selatan Kabupaten Lampung Barat (Lambar). Pantauan koran ini, Rabu (21/9), tampak atap bagian tengah gedung ambruk total.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, ambruknya atap gedung ini sudah lebih dari satu bulan yang lalu. untung saat kejadian tidak ada korban jiwa karena memang tidak dimanfaatkan. “Muridnya juga cuma sedikit,” kata sumber.

Tokoh masyarakat setempat, yang tidak mau disebut namanya, kapada Warta Lambar, mengatakan ambruknya gedung yang baru empat tahun dibangun itu merupakan contoh dan pelajaran bagi pemberi proyek. Itu terjadi karena lemahnya pengawasan saat dilangsungkan pembangunan.

Terlebih kebiasaan instansi terkait yang hanya menerima laporan di atas meja. Warga berharap, penegak hukum dapat menyelidiki penyebab ambruknya atap gedung itu.

Kalau dilihat dari umur sejak dibangun, seharusnya gedung masih berdiri kokoh. “Mengingat pembangunannya baru seumur jagung,” ucap sumber. Ketika dikonfirmasi, mantan Kepsek Nursin Candra S.Pd., tidak berkomentar. Dia hanya memberi jawaban gedung dibangun pada akhir tahun 2007 silam. (sul)

Tidak ada komentar