HEADLINE

Areal Persawahan Pardahaga Kekeringan

Puluhan hektare areal persawahan warga Pardahaga Lemong tidak dapat dibudidayakan
karena sejak tiga bulan terakhir kekeringan

Rabu, 14 September 2011

Lemong, WL -  Kemarau yang berlangsung sejak tiga bulan terakhir, mengakibatkan warga Pekon Pardahaga Kecamatan Lemong Kabupaten Lampung Barat (Lambar), mengeluh karena sawah dengan luas 1 Ha mengalami kekeringan dan 80% sumur warga tidak berisi air. Salah seorang warga Efendi, kepada Warta Lambar, Selasa (13/9).

Ditambahkannya, kemarau yang sudah terjadi selama tiga bulan terakhir, membuat sumur warga di pekon itu menjadi kering, meskipun ada tetapi sudah berubah warna alias keruh. Itu tentu cukup membuat warga resah. “Jangankan untuk air minum, untuk mandi dan mencuci saja tidak cukup dan juga airnya kotor,” ujar Efendi.

Masih kata Efendi, meski demikian warga setempat terbilang cukup beruntung. Pasalnya, sebelum musim  kemarau datang, padi milik warga selesai dipanen. “Kami bersyukur sebelum kemarau datang padi kami  selesai dipanen, namun sekarang sawah itu tidak dapat ditanam lagi karena kering dan hasil panen tersebut sudah mulai menipis,” jelasnya.

Warga berharap pemkab memberikan solusi atas kekeringan tersebut, yaitu memberikan bantuan untuk membangun sarana air bersih, mengingat pekon tersebut memiliki sungai yang dapat digunakan sebagai Mandi Cuci Kakus (MCK), namun cukup jauh untuk dijangkau. (nov)

Tidak ada komentar