HEADLINE

Puluhan Juta Melayang Tertipu Tabib Palsu

Airhitam, WL

Puluhan warga Pekon Sumberalam Kecamatan Airhitam Kabupaten Lampung Barat (Lambar) tertipu ulah selebaran yang mengarahkan ke tabib yang bisa mengobati penyakit dengan seketika.

Ironisnya, setelah tabib pergi dan tidak diketahui keberadaannya penyakit yang dideritapun kembali seperti sedia kala. Tabib yang diketahui memakai sorban dan mengaku mampu menyembuhkan penyakit itu berjumlah enam orang. Mereka mengaku berasal dari Jawa Tengah.

Hal tersebut dijelaskan H. Nata kepada Warta Lambar, Senin (27/6). Menurutnya sekitar satu minggu lalu dirinya mengantarkan saudaranya menemui tabib yang sempat mengontrak sebuah rumah di pekon tersebut. Aneh tapi nyata penyakit yang diderita sembuh seketika dan tabib tersebut tidak meminta biaya.

Tetapi malam harinya salah satu dari tabib tersebut menemui korban di rumahnya dan menawarkan obat sejenis air minum. Korbanpun tidak mampu menolak dan membeli sebanyak 30 botol, perbotolnya dihargai Rp100 ribu.

Menurut Nata, tabib-tabib tersebut menawarkan obatnya untuk berjaga-jaga agar terhindar dari penyakit dan semua korbannya tidak ada yang mampu menolak tawaran tersebut. “Anehnya semua korban tidak ada yang menolak penawarannya.”

Ditambahkan Nata dirinya berharap pihak kepolisian bisa mengusut dan membekuk pelaku penipuan tersebut mengingat korbannya telah mencapai puluhan orang dan rata-rata dari semua korban telah menyerahkan uang tidak kurang dari Rp3 juta. “kami berharap pihak berwajib bisa menangkap pelaku,” tambah Nata.

Terpisah, Kapolsek Sumberjaya AKP Bismark, SH mendampingi Kapolres AKBP Harri MF, SIK, ketika dikofirmasi Senin (27/6), mengaku belum mendapatkan laporan dari warga terkait hal itu dan pihaknya masih menunggu laporan warga yang merasa dirugikan itu. “Kami akan segera bergerak manakala sudah menerima laporannya,” pungkasnya. (nop)

Tidak ada komentar