HEADLINE

PMB UBL Buka 4 Jalur

Bandarlampung, WL - 20 Juli 2011

Universitas Bandar Lampung (UBL) membuka empat jalur Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), yakni Penerimaan Beasiswa Peduli Anak Bangsa (PBPAB), Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB), SPMB Madani I, dan SPMB Madani II.

’’Ini untuk memenuhi kuota mahasiswa baru kami sebanyak 1.200-1.300 mahasiswa pada tahun ini. Sama seperti kuota tahun-tahun sebelumnya,’’ kata Manajer Marketing dan Pusat Informasi UBL Ir. Indriati Agustiana Gultom, MM saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Selasa (19/7).

Khusus PBPAB, lanjutnya, yang diterima hanya 394 orang dari 1.226 pendaftar pada Desember 2010-Februari 2011. Sementara lokasi ujian jalur PBPAB ini langsung di kabupaten/kota tempat peserta berasal. Seperti Bandarlampung, Pringsewu, Lampung Utara, Lampung Tengah, Lampung Selatan, dan Kota Metro. ’’Penerimaan jalur beasiswa semacam ini telah kami gulirkan dari tahun ke tahun,’’ tandas dia.

Ia menguraikan, pihaknya juga mengupayakan adanya orangtua asuh bagi mahasiswa penerima PBPAB tersebut. ’’Orangtua asuh tersebut ada yang berasal dari perusahaan-perusahaan, pribadi, juga UBL itu sendiri.”

Sedangkan SPMB UBL sudah berlangsung sejak 7 Maret-30 April 2011 dengan jumlah pendaftar 786 orang dan hanya diterima 318 orang. “SPMB UBL ini lebih ketat dibandingkan lainnya karena mencari orang berprestasi yang berhak mendapatkannya. Dengan persyaratan, misalnya nilai rapor kelas XI-XII, rekomendasi kepala sekolah yang menyatakan anak didiknya berprestasi, nilai tes, dan wawancara untuk validasi data yang diisi. Dan nilai tes yang tertinggilah yang mendapatkan beasiswa sesuai passing grade data statistik,’’ ungkapnya. (len)

Tidak ada komentar