HEADLINE

Dishubkominfo Siapkan 60 Bus

Pesisir  Barat - Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Pesisir Barat (KPB) menyiapkan sekitar 60 unit bus antar kota antar provinsi (AKAP) dan antar kota dalam provinsi (AKDP) untuk melayani pemudik lebaran tahun 2013 baik arus mudik maupun arus balik lebaran pada H-7 hingga H+7. Dari jumlah angkutan tersebut kemungkinan akan ada tambahan kembali, selain itu juga belum termasuk angkutan umum lainnya.

Kadishubkominfo, Alzaziri Sabki, S.E., M.M., ketika dikonfirmasi Lampung Sore, Rabu (31/7), untuk menghadapi arus mudik dan araus balik lebaran mendatang di Kabupaten ini telah menyiapkan angkuatan darat dan angkutan udara. Sementara, untuk angkutan darat sudah disiapkan sekitar 60 mobil angkutan dari berbagai jurusan baik dalam provinsi maupun luar kota dan daerah. Itu dari berbagai jenis angkutan umum. "Sementara, untuk angkutan pedesaan diwilayah ini juaga sudah ada dan jumlahnya saat ini belum dipastikan karena masih dilakukan pengecekan kembali. Seperti tahun sebelumnya bus angkutan yang ada melayani penumpang di setiap loket yang ada dan juga di terminal Waybatu Kecamatan Pesisir Tengah, dan hingga kini memang untuk pemudik belum terlihat dan masih sepi. Saat ini, kondisi penumpang masih normal dan belum terlihat lonjakan penumpang arus mudik," terangnya.

Dijelaskan, diperkirakan lonjakan pemudik mulai seminggu menjelang lebaran atau H-7 dan dua hari sebelum lebaran atau H-2, karena biasanya setiap momen tersebut lonjakan penumpang meningkat drastis satu minggu sebelum lebaran. Untuk wilayah Pesisir Barat ini, kemungkinan banyak pemudik dari luar wilayah. Sementara, angkutan yang ada di kabupaten itu biasanya melayani pemudik dari Bengkulu, Jakarta, Bandarlampung dan lainnya. "Sedangakan untuk angkutan udara di kabupaten ini juga sudah siap melayani pemudik lebaran. Di kabupaten ini juga kemungkinan kita akan menerjunkan personel untuk memonitoring pemudik lebaran tahun ini, karena mungkin jumlah penumpang akan mengalami peningkatan. Kita berharap selama arus mudik dan arus balik dapat berjalan lancar," tandasnya. (nov)

Tidak ada komentar