HEADLINE

Sosialisasi dan Pembinaan Jasa Konstruksi



LAMPUNG BARAT - Pemerintah Kabupaten Lampung Barat (Lambar) melalui Dinas Pekerjaan Umum mengadakan sosialisasi dan pembinaan jasa konstruksi tahun 2016 di Aula Keagungan kompleks pemkab setempat, Rabu (26/10), dibuka Asisten III Bidang Pemerintahan Umum Gunawan Rasyid dan dihadiri oleh staf ahli bupati, perwakilan SKPD, tim pembinaan jasa konstruksi Lambar, narasumber, dan peserta sekitar 90 orang.

Dalam sambutanya Gunawan menyampaikan tujuan kegiatan memberikan informasi menyangkut jasa konstruksi supaya memberikan pemahaman tentang perkembangan jasa konstruksi sehingga dapat menghasilkan pekerjaan konstruksi yang berkualitas.

Untuk dapat mewujudkan hal tersebut, pemkab memerlukan dukungan dan partisipasi aktif semua komponen masyarakat sesuai peran dan fungsinya masing-masing, khususnya dari kalangan pelaku usaha di bidang jasa konstruksi.

“Melalui kegiatan ini berharap kita sebagai pelaku usaha di bidang jasa konstruksi mengetahui dan menambah wawasan dalam upaya mewujudkan rangkaian proses pekerjaan konstruksi yang berkualitas baik dari awal pekerjaan sampai dengan diserahterimakannya hasil pekerjaan tersebut,“ tutupnya.

Sementara itu laporan Sekretaris DPU Ir. Kholiq, menjelaskan maksud dilaksanakannya dan pembinaan jasa sosialisasi adalah konstruksi tahun 2016 ini untuk me-refresh dan menambah pemahaman tentang peraturan perundang-undangan dalam hal jasa memberikan serta konstruksi kesempatan kepada anggota asosiasi yang bertindak sebagai pelaku dalam bidang jasa konstruksi mengikuti ujian kompetensi tenaga terampil pelaksana jasa konstruksi sesuai bidang keahlian masing-masing.

Dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran akan hak dan kewajiban bagi penyedia jasa konstruksi maupun pengguna jasa konstruksi. Untuk pembinaan tertib usaha jasa konstruksi dan kemitraan yang sinergis antar pelaku jasa konstruksi, untuk memfasilitasi pelaksanaan ujian kompetensi tenaga terampil jasa konstruksi yang akan dilaksanakan oleh tim dari Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK)  Provinsi Lampung.

Selanjutnya dalam kegiatan tersebut peserta sosialisasi dan ujian kompetensi tenaga terampil jasa sebanyak lebih kurang 90 orang yang terdiri dari unsur tim pembina jasa konstruksi, unsur skpd yang terdapat kegiatan konstruksi sebagai pengguna jasa konstruksi dan unsur dari anggota asosiasi dan mitra usaha jasa konstruksi selaku penyedia jasa konstruksi,” jelasnya.

Dijelaskannya juga, tempat pelaksanaan kegiatan ini dibagi dua, masing-masing sosialisasi dan pembinaan jasa konstruksi dilaksanakan Rabu (26/10) di ruang rapat Kaagungan dan   fasilitasi ujian tenaga terampil jasa konstruksi dilaksanakan, Kamis (27/10) di Gedung.

Narasumber yang menyampaikan materi sosialisasi dari Dinas Bina Marga Provinsi Lampung cq. Bidang Jasa Konstruksi, dari Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) Provinsi Lampung, dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, serta dari Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Pajak (KP2KP) Liwa.(*)

Tidak ada komentar