HEADLINE

Kabupaten Lampung Barat Menggelar Festival Skala Brak Ke-3 Tahun 2016

Grand Opening Festival Sekala Brak 3 & Lomba Renang Marathhon, Lumbok Seminung, 18 Juli 2016
LIWA - Kabupaten Lampung Barat (Lambar) untuk kali ke-3 menggelar Festival Skala Brak Tahun 2016. Agenda tahunan Dinas Pariwisata Budaya, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lampung Barat itu digelar sejak tanggal 18 - 26 Juli 2016 ini. Festival bakal diisi dengan berbagai perlombaan sebagai ajang promosi wisata di Lambar

Bupati Lampung Barat Drs. Mukhlis Basri., kemarin menyampaikan kegiatan  merupakan upaya untuk menampilkan dan memperkenalkan seni dan budaya Lambar yang memiliki keunikan dan kekhasan, sehingga para wisatawan akan betah untuk berlama-lama tinggal di Lambar, perhelatan tahunan dan juga merupakan salah satu ikon (kebanggaan) Lambar dan berharap akan dijadikan kalender tetap pariwisata Lampung dan Kabupaten Lambar.

“Untuk diketahui bahwa kabupaten Lambar yang berjuluk bumi beguai jejama sai betik ini memiliki karakteristik bentang alam yang komplek. disamping penduduknya yang heterogen dengan adat istiadat dan seni budaya yang bernilai tinggi. lampung barat juga memiliki geomorfologi yang lengkap, seperti gunung, danau, sungai, air terjun dan hutan dengan aneka flora dan fauna didalamnya, yang kesemuanya itu merupakan anugerah tuhan yang maha esa yang patut kita syukuri dan menjadi aset wisata potensial yang dapat dikembangkan”, Jelasnya.

oleh karena itu, dengan maksud ingin menggali, mengembangkan dan melestarikan potensi alam, seni dan budaya inilah, maka pemerintah kabupaten lampung barat mulai tahun ini mengelar event kepariwisataan tahunan  yang berskala regional yaitu festival skala brak ini.  pemerintah daerah Lambar  telah berusaha dan akan terus berusaha mengembangkan segala potensi pariwisata yang ada di bumi begua jejama sai betik ini.

“Kabupaten Lambar  memiliki potensi sumberdaya alam yang cukup besar yang harus dikembangkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi . potensi ini tidak begitu berarti apabila tidak didukung dengan terjaganya ekologi alam sebagai sumber air dan terjaminnya kualitas kesuburan tanah.  hal ini merupakan kewajiban kita dalam menjamin tersedianya pangan yang cukup bagi masyarakat lampung barat khususnya dan lampung pada umumnya”, Ungkapnya.

Selain itu perlu diketahui bersama bahwa dengan luasnya kawasan lindung yang dimiliki kabupaten lampung barat maka untuk menjaga dan mengembangkan keanekaragaman hayati yang dimiliki, kabupaten lampung barat ditetapkan sebagai kabupaten konservasi.bertitik tolak pada hal tersebut maka salah satu program yang sangat diutamakan adalah pembangunan kebun raya liwa dengan dengan visinya sebagai berikut :representasi vegetasi taman nasional bukit barisan selatan (TNBBS) ;perwujudan kabupaten konservasi ; representasi keanekaragaman vegetasi dari kabupaten-kabupaten di provinsi Lampung.

“Kebun Raya Liwa merupakan kawasan konservasi tanaman dengan dominasi lansekap dan merupakan ruang terbuka hijau yang bersifat publik serta berguna untuk pemeliharaan daya dukung ekologi. selain itu, pembangunan kebun raya ini dapat menjadi salah satu objek wisata yang sangat potensial di kabupaten, propinsi bahkan indonesia”, Ujarnya.

Selanjutnya kita masyarakat lampung barat patut berbangga hati dengan ditetapkannya kabupaten lampung barat sebagai satu-satunya lokasi pembangunan kebun raya di propinsi lampung. Sehingga dengan demikian tujuan dan hasil yang diharapkan dari pembangunan kebun raya liwa diharapkan dapat mempromosikan daya tarik wisata keindahan alam lampung barat serta seni budaya yangdimiliki oleh lampung barat dalam rangka menarik kunjungan wisatawan baik mancanegara maupun domistik, yang pada akhirnya akan memberikan pendapatan dan peningkatan serta mobilitas perekonomian masyarakat.

Bupati Lampung Barat Mukhlis Basri menyerahkan Hadiah Utama Doorprize, satu buah Sepeda Motor.
Lumbok Seminung, 18 Juli 2016
Oleh karena itu, salah satu kunci keberhasilan membangun dunia pariwisata adalah menggencar-kan promosi melalui pameran, festiva-festival baik di tingkat regional, nasional bahkan internasional.  kegiatan promosi wisata berpengaruh terhadap penciptaan permintaan atau tergeraknya minat calon  wisatawan untuk datang ke daerah tujuan wisata Lambar.

“Dengan demikian even Festival Sekala Brak ke-3 ini diharapkan mampu menggenjot kunjungan wisatawan ke Lampung Barat, karena disamping memamerkan kakayaan budaya Lampung Barat dan diharapkan diminati oleh para wisatawan, juga diharapkan meningkatkan citra lampung barat sebagai daerah kunjungan wisata baik nasional maupun internasional”, Ucapnya.

Diharapkan  pelaksanaan Festival Sekala Brak ini mampu memberikan hiburan bagi masyarakat, wisatawan dan yang terpenting mampu mendatangkan devisa bagi daerah Lampung Barat Sai Betik, karena Lambar  merupakan kota wisata penuh kenangan, ragam budaya-nya mempesona. disamping itu juga adat istiadatnya unik, cagar budayanya menarik. alamnya memancarkan pesona yang tersebar di pelosok nusantara. dan inilah kekayaan pariwasata Lambar. (aka)

Tidak ada komentar