HEADLINE

Tiga Pekon Di Ngambur Terendam

PESISIR BARAT - Hujan deras yang mengguyur sejak, Sabtu, 12 Maret 2016, hingga Minggu, 13 Maret 2016, membuat tiga sungai di Kecamatan Ngambur Kabupaten Pesisir Barat, Wayhanakau, Waytalma, dan Waysiring Bunuk meluap hingga mengakibatkan Pekon Negeriratu Ngambur, Sukabanjar, dan Pekonmon terendam banjir setinggi 200 Cm.

Akibatnya, warga dari tiga pekon tersebut harus dievakuasi ke posko penampungan yang lebih aman dari ancaman banjir.

Peratin Negeriratu Ngambur, Hermansyah, mengatakan banjir bermula dari guyuran hujan yang cukup deras sejak sore hingga subuh meerendam Pemangku Sukanegeri dan Banjarnegeri dengan ketinggian mencapai 2 cm.

"Pemangku Sukanegeri sekitar 50 rumah terendam setinggi 1,5 hingga 2 meter. Sementara di Pemangku Banjarnegeri sekitar 100 rumah terendam setinggi 1 meter. Air mulai meluap sekitar Pukul 03.00 WIB subuh," ujar Hermansyah.

Menurut Dia, mengetahui dua pemangku di pekon tersebut mulai menjadi lautan, pihaknya langsung berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat dan langsung menerjunkan personel ke lokasi melakukan evakuasi dengan menurunkan dua unit perahu karet.

Dijelaskan Herman pihaknya belum menerima laporan adanya warga yang hilang karena terseret arus banjir. Kendati demikian, Hermansyah tetap menghimbau agar warga tetap ekstrawaspada dan segera mengungsi ke tempat yang lebih tinggi sebelum dievakuasi petugas. (wartalambar.com | aga)





Tidak ada komentar