HEADLINE

Perkebunan Cengkih Di Pulaupisang Harus Diperhatikan

Pesisir Barat - Wilayah Kecamatan Pulaupisang Kabupaten Pesisir Barat (KPB) adalah dikenal sebagai wilayah penghasil bunga cengkih terbaik yang di pesisir, dengan demikian pemkab setempat seharusnya mampu mendongkrak kesejahteraan masyarakatnya yaitu dengan memberikan pengetahuan terhadap masyarakat agar perkebunan cengkihnya dapat lebih dijaga dan berusaha agar pendistribusian bunga cengkih dapat lebih jelas.

Demikian dijelaskan salah tokoh masyarakat setempat, Warten, ketika dikonfirmasi wartawan koran ini, Kamis (13/6), bahwa wilayah Pulaupisang sejak zaman dahulu dikenal penghasil cengkih terbaik, itu terbukti dengan suburnya pohon-pohon cengkih yang tumbuh lebih besar dibanding cengkih yang ada di wilayah lain. "Dari pertumbuhan pohonnya saja sudah terlihat beda cengkih yang ada di Pulaupisang jauh lebih besar ketimbang yang ada di wilayah lain," ungkap Warten.

Menurut Warten, diwilayah luar Pulaupisang pohon cengkih tertinggih hanya mencapai 2 M lebih, hal iti jelas berbeda dengan yang ada di Pulaupisang, pohon cekih di wilayah itu bisa mencapai hampir sama dengan pohon kelapa. Hal itu juga jelas menjadi bukti nyata bahwa bunga cengkih di Pulaupisang jauh lebih berkualitas dibanding dengan bunga cengkih wilayah lain. "Sejak puluhan tahun lalu memang wilayah Pulaupisang diakui sebagai wilayah penghasil bunga cengkih terbaik, terbukti dengan banyak masyarakat kita yang sukses saat itu karena berbisnis bunga cengkih, namun sekarang sudah banyak yang tidak lagi berdomisili di pulau yang belum lama menjadi kecamatan definitiv ini," lanjutnya.

Warten menjelaskan jika permasalahan yang terjadi terhadap masyarakat adalah cara perawatan yang dilakukan masih dengan cara tradisional dan belum tersentuh tehnik-tehnik yang lebih modern, sampai saat ini cara tersebut masih tetap dipakai oleh masyarakat. "Cara perawatan dari masyarakat kita sama sekali belum tersentuh cara-cara modern," imbuhnya.

Warten berharap agar dalam hal meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengharumkan nama baik wilayah, pemkab dapat lebih menunjukkan perannya yaitu dengan memberikan pemahaman terhadap masyarakat tentang cara-cara perawatan pohon cengkih yang lebih efisien dan berusaha mencarikan solusi dalam hal pendistribusian bunga cengkih yaitu berupaya mencarikan perusahaan-perusahaan yang siap bekerja sama dengan masyarakar di wilayah itu. "Dengan demikian masyarakat di Pulaupisang bisa lebih sejahtera dan taraf hidup dapat lebih meningkat," pungkasnya. (nov)

Tidak ada komentar