HEADLINE

Perbaikan Bendungan Waymandati Masih Proses Bappeda


PESISIR BARAT - Terkait jebolnya Bendungan Waymandati Pekon Mon Kecamatan Ngambur Kabupaten Pesisir Barat (KPB), beberapa waktu lalu sebelumnya sudah dilakukan peninjauan oleh pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) serta Dinas Pekerajaan Umum (DPU) Kabupaten Lampung Barat (Lambar), yang hingga kini masih dalam proses di Badan Perencanaan Pembangunan daerah (Bappeda).

Kepala BP3K Ngambur, Ustori, ketika dikonfirmasi wartawan koran ini, Minggu (26/5), membenarkan bahwa bendungan waymandati yang berada di Pekon Mon tersebut hingga kini belum dilakukan perbaikan oleh pemkab. Bendungan Waymandati tersebut diperuntukan sebagai kebutuhan air lahan persawahan warga setempat seluas sekitar 502 Hektare. Jika tidak segera di perbaiki maka saat memasuki musim tanam padi, petani tidak bisa menggarap lahannya karena bendungan itu merupakan satu-satunya suplai air diwilayah itu.

"Saat ini petani setempat masih memasuki musim panen, dan rencananya memasuki musim tanam April dan Mei mendatang. Namun, petani khawatir saat memasuki musim tanam tidak ada suplai air sehingga dipastikan lahan padi warga setempat tidak bisa digarap. Untuk itu kita sangat mengharapkan dilakukan perbaikan," katanya.

Kepala BPBD Lambar, Ir. Okmal, M.Si.,  menjelaskan bahwa mengenai bendungan Waymandati yang mengairi ratusan lahan persawahan warga di pekon Mon itu, memang sudah dilakukan peninjauan Maret dan memang itu harus di prioritaskan, mengingat jika tidak segera di prioritaskan akan mengancam lahan persawahan warga diwilayah tersebut.

"Diperkirakan dalam perbaikan bendungan itu menelan biaya Rp285 Juta, untuk itu jika dibangun oleh masyarakat jelas tidak bisa karena anggaran dana yang cukup besar. Selain itu juga, hingga kini pihak dari DPU KPB dan Lambar yang menindak lanjutinya juga masih dalam proses Bapedda dan masih menunggu apakah akan dianggarkan melalui APBD ataupun APBD Perubahan dan juga belum dipastikan apakah anggaran 2013 ini atau tahun depan," jelasnya. (nov)

Tidak ada komentar