HEADLINE

Kelapa Dalam Di Pesisir Selatan Masih Unggul


Kecamatan Pesisir Selatan Kabupaten Lampung Barat (Lambar) merupakan kecamatan yang kaya akan hasil buah kelapa dalam. Mengingat hampir sebagian besar lokasi perkebunan masyarakatnya adalah perkebunan kelapa, selain itu bukti nyatanya yaitu banyak penjualan buah kelapa dalam hingga ke luar daerah yang umumnya dijual ke Pulau Jawa.

Demikian dijelaskan Camat, Armen Qodar, S.P., ketika dikonfirmasi wartawan koran ini, Rabu (6/3), sebanyak 15 pekon di kecamatan tersebut mulai dari Pekon Tulungbamban hingga Pekon Marang setiap pekonnya memiliki area perkebunan kelapa dalam yang juga luasnya terbilang luas. Menurut Armen, selain area yang luas hasilnya pun terbilang cukup baik dengan terawatnya perkebunan tersebut dengan baik oleh masing-masing pemilik kebun. “Perkebunan kelapa di Kecamatan Pesisir Selatan adalah kecamatan yang memiliki area perkebunan yang terluas untuk diwilayah pesisir, dengan luasnya yang mencapai 500 Hektar lebih menjadikan perkebunan kelapa sebagai salah satu komoditi yang diunggulkan dan terbukti banyak masyarakatnya yang sukses karena buah kelapa dalam,” ungkap Armen.

Armen menjelaskan buah kelapa dalam di kecamatan tersebut memiliki kualitas yang terbaik itu dibuktikan banyaknya hasil buah kelapa dalam yang penjualannya tidak hanya di wilayah Lambar. Sementara dari masyarakat juga melakukan perawatan pohon kelapa sejak disemai hingga mulai dapat berbuah terbilang tekun. “Masyarakat melakukan perawatannya dengan sangat baik, sehingga hasilnya pun melimpah. Itu terbukti dengan banyaknya masyarakat gudangnya dipenuhi buah kelapa dalam,” lanjutnya.

Armen berharap agar komoditi buah kelapa dalam di kecamatan tersebut dapat terus dijaga, sehingga unggulan buah kelapa dalam dapat terus dikenal masyarakat. “Ini sangat baik jika dapat terus dipertahankan, dan ini juga terbukti mampu meningkatkan perekonomian masyarakatnya,” pungkas Armen. (nov)

Tidak ada komentar