HEADLINE

Warga Minta PDAM Sekincau Diperluas


Warga Talangkayudara Margoutomo Pekon Tambakjaya Kecamatan Waytenong Kabupaten Lampung Barat (lambar), mengharapkan pihak Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kecamatan Sekincau untuk meneruskan jaringan distribusinyake pemukiman mereka yang jangkauannya hanya  300 meter sampai di talang.

Hasyadi Kartiko, warga setempat, menjelaskan di pemukiman tersebut saat ini memang telah memiliki instalasi jaringan pipa Prasarana Air Bersih (PSAB) yang sumber airnya dari gunung sekitaran, namun sarana tersebut tidak mampu mencukupi kebutuhan masyarakat, terlebih ketika datangnya musim kemarau. "Keberadaan air menjadi kebutuhan utama masyarakat pekon ini, sebab selain untuk keperluan rumah juga usaha yang warga  geluti adalah tanaman sayuran yang secara langsung  membutuhkan kelancaran air," terangnya.

Pihaknya tidak menampik akibat keterbatasan air tersebut menjadi salah-satu faktor lambannya perkembangan pekon, khususnya kemakmuran masyarakat. "Sebetulnya wilayah kami sangat berpotensi terhadap perkembangan usaha hortikultura, dengan catatan tidak terjadinya kekurangan air seperti yang kerap kami alami dalam usaha tersebut, " ulasnya.

Sementara kata dia 2010 lalu pemerintah membangun instalasi air bersih diKecamatan Sekincau yang sumber airnya dari Gunung Sekincau, dan saat ini masyarakat beberapa pemukiman diatas perbukitan kecamatan setempat sudah lancar memperoleh air. Sehingga dengan demikian pekon mereka yang berada diperbatasan ke dua kecamatan tersebut harapkan untuk dapat menyambungkan instalasi PAM ke tempat mereka terlebih jaraknya yang sudah dekat yakni sekitar 300 meter lagi. "Kami sangat berharap diberikannya penambahan instalasi jaringan hingga kepekon kami agar kami bisa memanfaatkan keberadaan PDAM Sekincau untuk mencukupi kebutuhan hidup kami," pungkasnya. (aga)

Tidak ada komentar