HEADLINE

Listrik di Lambar Belum Merata


Banyaknya potensi sumber energi terbarukan di Lampung Barat (Lambar), seperti sumber panas bumi (geothermal) Suoh-Sekincau dan potensi sungai yang dapat dikelola menjadi sumber energi listrik melalui Pembangkit Listrik Mikro Hydro (PTMH), sepertinya belum memberi jawaban atas keluhan masyarakat lima kecamatan di kabupaten tersebut.

dalam hal ini warga Suoh, Bandarnegeri Suoh, Bengkunatbelimbing, Lemong, dan Pagardewa adalah kecamatan di Lambar yang sampai saat ini belum teraliri listrik. Masyarakat di lima kecamatan tersebut masih menggunakan genset dan turbin sebagai sumber sarana penerangan.

Kabid Energi dan Kelistrikan Distamben, Wirawan, mendampingi Kadis Indra Kesuma, ketika di konfirmasi wartawan koran ini, Rabu (17/10), tak menampik hal tersebut. Wirawan mengatakan belum adanya jaringan listrik di lima kecamatan itu menjadi kendala penunjang aktivitas keseharian warga dan pelaynan tata pemerintah.

Distamben, tambah Wirawan, sudah mengusulkan ke PLN dan Kementerian ESDM untuk secepatnya membangun jaringan listrik di lima kecamatan tersebut. Selain mengusulkan ke PLN dan Kementrian ESDM, Distamben juga akan membuat Detail Engineering Design (DED) tahun 2013 semacam studi kelayakan sebagai dasar pengusulan ke PLN dan Kementrian ESDM untuk membangun jaringan sendiri. (aga)

Tidak ada komentar