HEADLINE

Warga Walur Budidayakan Karsing

Krui Selatan, WL-Salah satu rumput laut yaitu karsing yang kini banyak dicari masyarakat untuk dijual sebagai pemenuh kebutuhan sehari-hari,  yang kini semakin hari semakin sedikit karena diambil secara terus menerus membuat warga Pekon Walur Kecamatan Krui Selatan Kabupaten Lampung Barat (Lambar) berinisiatif untuk membudidayakan karsing agar tumbuhan laut itu dapat terus dipanen oleh warga.
Salah seorang warga Indra, kepada Warta Lambar, Senin (19/3), mengatakan kini warga dipekon itu mulai membudidayakan karsing mengingat persediaan karsing kini semakin tipis akibat terus diambil oleh warga setempat beberapa waktu lalu. Menurut Indra budidaya karsing terbilang cukup mudah selain tidak memerlukan dana juga membutuhkan perawatan yang lebih.
Indra menjelaskan bahwa karsing yang dibudidayakan membutuhkan waktu selama tiga bulan untuk dapat dipanen, sementara pembudidayaan karsing yang dilakukan warga dipantai walur itu telah dimulai sejak beberapa minggu lalu.
Masih kata Indra sebelum melakukan pembudidayaan karsing pihaknya telah melakukan koordinasi dan telah mendapatkan perizinan dari Dinas Perikanan dan Kelautan.
Warga berharap upaya yang baru pertama kalinya dilakukan itu dapat berhasil dengan maksimal dan dapat menjadi penghasilan yang mampu menunjang perekonomian masyarakat.
“Mudah-mudahan budidaya karsing ini dapat berhasil sesuai harapan dan kedepannya dapat terus dilanjutkan oleh masyarakat sebagai pemenuh kebutuhan rumah tangga,” ungkap Indra. (nov)

Tidak ada komentar