HEADLINE

KPU Mulai Tahapan Pemilukada

Balikbukit, WL-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lampung Barat (Lambar) telah memulai tahapan pemilihan umum kepala daerah (pemilukada) yang pencoblosannya dijadual serentak digelar dengan dua kabupaten lainnya yang mengelar hajat serupa di Provins Lampung, Tanggamus dan Tulangbawang, 27 September mendatang. “Tahapan pemilukada telah berjalan mulai awal Maret ini,” kata Kabid Publikasi KPU Arfiatin, S.Sos., Minggu (4/3).

Menurut dia, pihaknya telah meminta pemkab agar menyerahkan daftar penduduk potensial pemilih pemilukada (DP4), Kamis (1/3) lalu, dengan deadline penyerahannya 18 Maret mendatang. “Karena tanggal 19 Maret diharapkan sudah kami terima dan langsung dicek,” terang Arfiatin.

Selanjutnya, Senin (5/3), pihaknya menyampaikan program, tahapan dan jadual pemilukada tersebut ke seluruh partai politik (parpol) dan panwaskab. Sementara penyampaian program, tahapan dan jadual pemilukada ke Forkopimda, Selasa (7/3). “Rencananya, KPU akan menyampaikan program jadual dan tahapan pemilukada ke Bupati, Kejari, PN Liwa, dan Kapolres plus ketua DPRD pada 7 Maret,” pungkas Afriatin. (esa)

Hal 3: HL—tampilkan foto wajah Jumakun--
LBBM Undur Penjaringan Balon
Balikbukit, WL-Delapan partai politik (parpol) tergabung dalam Koalisi Lambar Bersatu Bersama Membangun (LBBM) dikabarkan membuka penjaringan balon bupati-wabup, Senin (5/3). Ketua Koalisi Jumakun, S.H., Minggu (4/3), yang juga Ketua DPC PKPB, membenarkan semula pihaknya telah sepakat menjadual penjaringan dilangsungkan 5 Maret, namun karena kondisi sekretariat koalisi belum memungkinkan, Jumakun memastikan penjaringan balon diundur.

Sebab, saat ini pihaknya tengah fokus melengkapi segala sesuatu yang memungkinkan bakal dibutuhkan saat penjaringan dilangsungkan, termasuk perbaikan sekretariat. Jumakun mengatakan jika dalam dua hari ke depan masalah sekretariat dapat diatasi.

Mantan aleg 2004-2009 ini optimistis penjaringan balon bakal dilangsungkan dalam waktu dekat. “Mudah-mudahan dalam waktu dekat penjaringan dilangsungkan,” tandas Jumakun.

Sekadar tambahan, delapan partai yang berkoalisi dimaksud, masing-masing Partai Karya Peduli Bangsa (PKPB), Partai Nasional Indonesia (PNI) Marhaenisme, Partai Hanura, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Karya Perjuangan atau Pakar Pangan, PPD, PPRN, dan PPPI. Kedelapan parpol ini menandatangani kesepakatan koalisi, Kamis (16/2) lalu. (esa)

Hal 4:
Ponpes Roudlatus Sa’adah Maulidan
Waytenong, WL-Santri dan pengusurus Pondok Pesantren (Ponpes) Roudlatus Sa’adah di Gang Bogor Kelurahan Pajarbulan Kecamatan Waytenong Kabupaten Lampung Barat (Lambar), asuhan K.H. Jumali, memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, Minggu (4/2), di masjid kompleks ponpes setempat.

Tampak hadir Camat Drs. Hepni, tokoh masyarakat, tokoh agama serta beberapa undangan dari instansi dan sekolah se kecamatan setempat. Peringatan tersebut rencananya akan dihadiri Bupati Drs. Mukhlis Basri, M.M., namun kehadiran orang nomor satu di Lambar tersebut urung karena ada kepentingan mendesak yang tak bisa ditinggalkan.

Ketika dikonfirmasi wartawan koran ini, Jumali selaku pimpinan ponpes menjelaskan, peringatan maulid nabi tersebut dilaksanakan untuk memperingati hari lahir nabi junjungan ummat muslim tersebut, serta menjadikan suri tauladan beliau dalam kehidupan sehari-hari. “Kegiatan ini adalah kegiatan yang digelar setiap tahun,” jelasnya.

Terpisah camat Hepni menambahkan, terkait urungnya bupati menghadiri acara tersebut karena bupati mempunyai keperluan mendadak yang tidak bisa ditinggalkan, itu untuk kepentingan Lambar, sambungnya, dia berharap kegiatan serupa tidak ditinggalkan di seluruh pekon se kecamatan setempat dan menjadi kegiatan tahunan. “Untuk lebih mendekatkan diri kepada tuhan yang maha esa serta menjadikan sosok Nabi Muhammad SAW sebagai contoh dalam kehidupan sehari-hari,” tutupnya. (nop)

Tidak ada komentar