HEADLINE

Warga Dihimbau Menjaga PHBS

Sekincau, WL-Meningkatnya curah hujan serta cuaca ekstrim sejak sebulan terakhir membuat berbagai penyakit rentan menghampiri masyarakat, untuk itu Puskesmas Sekincau Kabupaten Lampung Barat (Lambar), menghibau warga setempat untuk antisipasi berbagai penyakit peyebab cuaca ekstrim salah satunya dengan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS).

Dikataan kepala Puskesmas setempat, H. Aminnuddin, SKM., kepada Warta Lambar, Selasa (14/2). Menurutnya, jumlah pengunjung puskesmas setempat dalam kurun waktu satu buan terakhir meningkat, penyakit yang diderita pasien antara lai, flu, batuk, sesak nafas, dan demam, meski resiko kematian untuk penyakit tersebut kecil namun tergolong penyakit yang berisiko jika tidak segera diobati. “Untuk itu dihimbau kepada mmasyarakat agar senantiasa menjaga kesehatan dengan menghindari terkena air hujan, membiasakan PHBS, serta memperhatiikkan makan yang dikonsumsi dan dihimbau untuk memakan makanan yang bergizi,” ujar H. Amin—sapaan akrap   Aminuddin.

Lanjut dia, petugas yang ada di puskesmas setempat juga dihimbau untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya dokter harus berada di tempat 1x24 jam, serta tidak memperbolehkan meminta bayaran atas pelayanan kesehatan tersebut, mengingat pengobatan dan melahirrkan telah di gratiskan pemkab Lambar melaui Dinas Kesehatan (Dinkes) Lambar.

Denga demikian bagi masyarakat yang sakit untuk segera mendatangi puskesmas maupun puskesmas pembantu lainnya serta bidan desa (Bindes), untuk memeriksakan penyakit yang diderita dan diberi penanganan dengan pengobatan oleh petugas. “Diharapkan untuk tidak ragu berobat, namun jangan sampai lupa membawa persyarakatan yang diharuskan seperti kartu Program Kesehatan Masyarakat Gratis (PKMG), atau Kartu Keluarga (KK), jika tidak memiliki kartu PKMG atau membawa Kartu tanda Penduduk (KTP), jika masi tidak ada untuk meminta surat keterangan domisili kepada pertain masing-masing,” (nop)

Tidak ada komentar