HEADLINE

Kurangi Banjir, Drainase Diperbaiki

Bandarlampung, WL-Guna mengurangi ancaman banjir yang terjadi di beberapa kecamatan yang dinilai rawan banjir di Kota Tapis Berseri, Walikota Bandarlampung Herman HN, menegaskan bakal memberbaiki drainase yang ada di Waylunik Telukbetung Selatan (TbS), Selasa (7/2).

“Ini sudah kami turunkan alat berat untuk mengeruk sungai-sungai yang mengalami pendangkalan. Ini tidak lain untuk kepentingan masyarakat banyak juga,” terangnya.

Dikatakan, sungai yang mengalami pendangkalan sehingga menyebabkan banjir tak lain karena ulah manusia juga, tidak hanya material yang menyebabkan pendangkalan, tetapi juga sampah-sampah yang hanyut terbawa air menyebabkan penumpukan sehingga menyebabkan banjir.

Walikota tidak hanya meninjau jembatan dan drainase Waylunik saja, tetapi juga meninjau langsung pemukiman warga di Jalan Selamet Riyadi yang ketika hujan turun perumahan warga kerap  terendam.
Berdasarkan analisis, penyebab banjir diantaranya penyempitan badan sungai karena pemukiman warga.Selain itu saluran parit yang ada di dekat lingkungan warga tersumbat dan tidak terawat. Ini diakibatkan kurangnya kesadaran masyarakat di daerah itu untuk membersihkan lingkungannya.

Herman menginstruksikan warga terus menjaga kebersihan lingkungan, karena musim penghujan saperti saat ini merupakan tempat penyakit berkembang biak dan menularkan bibit penyakit di lingkungan itu sendiri.
Di kelurahan Bumiwaras TbS, Herman juga menginstruksikan dinas terkait untuk meninggikan parit yang mengalami penyempitan untuk mengurangi banjir.

Sementara, menurut pengakuan warga saat hujan turun,daerahnya menjadi langganan banjir. (len)

terbit 08 Februari 2012

1 komentar:

  1. postingan yang menarik, kami juga punya artikel terkait 'Banjir' silahkan buka link ini
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2391/1/Analisis%20Banjir%20Rancangan%20Dengan%20Metode%20HSS%20Nakayasu%20Pada%20Bendungan%20Gantung.pdf
    semoga bermanfaat ya

    BalasHapus