HEADLINE

Data Kependuduk Tidak Jelas

Balikbukit, WL-Jumlah pendududuk Lampung Barat (Lambar) dianggap tak sesuai data di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil). Pasalnya, banyak warga yang ditemukan memiliki identitas ganda dengan nama yang berbeda. Demikian dijelaskan Kasi Regestrasi Pendaftaran Penduduk Hidayatulloh, S.H. beberapa waktu lalu. “Hal itu akan merusak data kependudukan di Lambar,” jelasnya.

Ditambahkanya, hal itu biasa terjadi pada orang-orang yang berpindah tempat dan memiliki KTP pada dua kecamatan berbeda. Ironisnya, orang tersebut biasanya terdata pada dua pekon. Untuk itu dia berharap perangkat pekon meneliti kedatangan warga baru jika bermaksud menetap, dan pihak pekon berkewajiban meminta surat keterangan pindah. “Supaya data orang tersebut tidak tumpang tindih,” tambahnya.

Masih kata dia, April mendatang akan ada program elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) dan warga harus lebih memperjelas identitas dirinya, seperti KK dan KTP. Saat ini pembuatan identitas diri tersebut tidak susah, bahkan gratis mengingat adanya kendaraan pembuatan KK dan KTP gratis yang ketika ada momen-momen tertentu dapat diundang. “Jadi tidak ada alasan bagi masyarakat untuk tidak memiliki identitas diri,” pungkasnya. (san)

Hal 3:
Elti Cari Dukungan Peratin
Sukau, WL-Dalam upayanya mendapatkan dukungan dari peratin-peratin, utamanya di Kecamatan Sukau dan Lumbokseminung Kabupaten Lampung Barat (Lambar), bakal calon (balon) wakil bupati (wabup), Elti Yunani, S.H. M.Kn., siap berkunjung ke peratin di pekon-pekon dua kecamatan tersebut.

Balon tersebut saat ini mulai mendatangi pekon-pekon dalam bentuk silaturrahmi seraya menyampaikan visi dan missinya membangun Lambar mendatang. “Saya akan terus berupaya mencari dukungan dari peratin-peratin,” jelasnya.
Selain mengharapkan doa restu masyarakat, Elti juga menyampaikan wacana yang akan dilakukannya ketika menjadi orang nomor dua di Lambar kelak, seperti meningkatkan kesejahteraan petani.

Selain menyampaikan visi dan misinya, Elti juga menyerap aspirasi masyarakat yang akan menjadi bahan pertimbangannya untuk diperjuangkan tatkala menjadi orang nomor dua di Lambar nantinya.

Pihaknya berharap para peratin di Sukau dan Lumbokseminung untuk menyarankan warganya dalam memberikan doa restu terkait niatnya menjadi orang nomor dua di Lambar. “Saya mengharapkan dukungan dan doa restu masyarakat,” pungkasnya. (san)

Tidak ada komentar