HEADLINE

Perubahan Cuaca Ganggu Kesehatan

Sukau, WL - Pengaruh perubahan cuaca atau pancaroba yang saat ini sedang terjadi dapat mengakibatkan kesehatan masyarakat terganggu, penyakit yang paling rentan menyerang warga di antarnya infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) dan diare.

Sebagaimana diungkapkan  Kepala Puskesmas Buainyerupa Kecamatan Sukau Kabupaten Lampung Barat (Lambar), H. Amirulloh, SKM., kepada Warta Lambar, Selasa (11/10).  Menurutnya meningkatnya gangguan kesehatan masyarat sejak musim penghujan datang, penyakit tersebut menyerang warga akibatkan cuaca yang tidak menentu.

Terlebih lingkungan kurang bersih, untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan, pihak puskesmas dalam waktu dekat akan menata ulang Bidan Desa (Bindes) yang tersebar di setiap pekon.

Akan tetapi jabatan yang baru di jalani tiga bulan terakhir dan membawahi Bindes yang tersebar di 10 pekon, berbagai permasalahan yang hingga saat ini belum sepenuhnya teratasi.

Diantara permasalahan tersebut salah satunya, tidak tersedianya tenaga laboratorium, apotiker, dan tenaga ahli Gizi dari ketiga hal tersebut untuk mengisi kekosongan terpaksa petugas puskesmas ada yang menjabat rangkap.

Amirulloh menambahkan, untuk menjalankan program kesehatan yang menjadi prioritas pemkab, diharapkan didukung dengan tenaga yang prepesional. Setelah seluruh tenaga yang bertugas memenuhi setandar kesehatan, tidak menutup kemungkinan ditahun-tahahun yang akan datang kesehatan masyarkat tetap terjamin. “Dengan harapan Diskes Lambar bersedia membantu, permasalahan di puskesmas, erutama permasalahan kurangnya para medis,” pungkasny. (rom)

Kamis, 20 Oktober 2011
*)

Tidak ada komentar