HEADLINE

Siswa SMP-SMA Ganggu Pengguna Jalan

Kamis, 22 September 2011

Belalau, WL -  Siswa SMPN 1 dan SMAN 1 Belalau Kabupaten Lampung Barat (Lambar), kerap mengganggu pengguna jalan yang melintas. Itu karena, tidak ada trotoar sehingga siswa hendak berangkat atau pulang sekolah yang jalan kaki hingga ke badan jalan. Fenomena itu mengganggu kenyamanan pengendara dan dikhawatirkan berakibat fatal. Itu karena siswa terkadang sambil berjalan sembari membaca buku dan bercanda hingga badan jalan.

Pantauan wartawan koran ini, Rabu (21/9), siswa yang hendak berangkat ke sekolah umumnya berasal pekon-pekon sekitar, seperti Kenali, Kejadian, Turgak, dan Bumiagung, siswa berangkat maupun pulang sekolah dengan berjalan kaki acapkali tidak menghiraukan pengendara yang melintas. Salah satu solusi
permasalahan tersebut, dibanguna trotoar sehingga pengguna jalan lebih leluasa saat melintasi dua sekolah tersebut.

Marwan, warga setempat, menjelaskan badan jalan yang masih sempit dan belum mendapatkan pembangunan pelebaran jalan seperti di daerah lain membuat siswa yang berjalan kaki terpaksa berjalan hingga ke tengah badan jalan.

Itu dilakukan siswa karena belum ada trotoar, disisi kiri-kanan jalan. Belum lagi rumpit liar tidak dipangkas instansi terkait sehingga bak semak belukar. “Terganggunya pengendara hampir setiap hari dan dikhawatirkan
terjadi kecelakaan jika tidak dibangunnya trotoar di lintas Kenali-Kejadian,” ungkapnya.

Lanjut dia, pihak sekolah juga mengaharapkan hal serupa, yakni  instansi terkait membangun trotoar di lintas Kenali-Kejadian hingga siswa dua sekolah yang bertetanggaan tersebut lebih nyaman dan pengendara yang melintas lebih leluasa.

Terpenting adalah menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. “Terlebih siswa kerap bercanda di badan jalan.” Demikian Marwan. (nop)

Tidak ada komentar