HEADLINE

Rutan Krui Tak Miliki Ruang Khusus Wanita

Selasa, 13 September 2011

Pesisir Tengah, WL - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Krui Kelas II B Kecamatan Pesisir Tengah Kabupaten Lampung Barat (Lambar), hingga kini tidak memiliki ruang tahanan khusus wanita.

Kepala Rutan Waridi, S.Sos, M.H., kepada Warta Lambar, Senin (12/9),menjelaskan pembangunan ruang tahanan wanitatergolong mendesak. Sebab untuk wanita kini masih menepati salah satu peruntukan napi  khusus. “Karena untuk saat ini tahanan Wanita menggunakan ruang tahanan khusus napi bermasalah,” ungkap Waridi.

Selain itu dia juga mengatakan jika lokasi rutan mendesak untuk dipindahkan. Itu mengingat suasana lokasi rutan saat ini cukup sempit. “Akibatnya suasana menjadi sumpek dan kondisi bangunan sudah tua, sehingga sudah layak untuk dibangun rutan yang baru.”

Masih kata Waridi, pihaknya kini tengah mengadakan pembinaan terhadap para napi yang merasa kesulitan. Hal tersebut dikarenakan lokasi rutan yang kurang memadai, utamanya ruang yang sempit. “Rutan Krui saat ini dihuni 117 narapidana. Jumlah tersebut over kapasitas karena seharusnya100 orang. Dan kelebihan 17 orang,” pungkas Waridi. (sul)

Tidak ada komentar