HEADLINE

Syarkoti: Kepemimpinan Mukhlis Masih Dibutuhkan

Ngambur, WL - 03 Agustus 2011

Gaya dan tipe kepemimpinan Bupati Kabupaten Lampung Barat (Lambar) Drs. H. Mukhlis Basri, MM masih dibutuhkan bagi lebih dari 420 ribu jiwa warganya. Itu juga dirasakan warga di wilayah pesisir kabupaten paling barat di Provinsi Lampung tersebut.

“Pada jabatannya saat ini, utamanya di daerah pesisir, sudah tampak pemerataan pembangunan. Pada jabatan kedua nanti, tentu diharapkan ada kelanjutannya, pembangunan di wilayah pesisir akan terus meningkat,” ungkap tokoh pesisir asal Ngambur H. Syarkoti Toha, SE, Rabu (3/8).

Karena itu, ujar alumni APDN yang baru tiga bulan pensiun dan lama meniti karier sebagai birokrat di Kabupaten Tulangbawang itu, ketika nanti Mukhlis berkeinginan maju kembali memimpin Lambar untuk periode berikutnya, tentu harus diberikan ruang seluas-luasnya. Meski begitu Syarkoti berharap pendampingnya adalah putra pesisir yang lebih memahami seluk beluk daerah tersebut.

Kata dia, putra asal pesisir yang memiliki kemampuan mendampingi Mukhlis ketika nanti berketetapan maju mencalon, cukup banyak. Itu bisa saja keluar dari faktor ketokohan maupun kharismanya di masyarakat selama ini. Tapi yang jelas mereka memiliki kemampuan untuk itu.

Dia pun menyebutkan beberapa nama yang cukup dikenal, seperti DR. H. Agus Istiqlal, SH, MH, Drs. Jon Edwar, H. Buyung Muhizar Mahwi, SE, H. Johan Iskandar, S.Pd.I, Drs. H. Yuwilir Syam, SE, MA, Ir. Aspiran, Edwin Hanibal, SH, MH, Ir Bihikmi Soefyan, H. Christimore Zainuddin, SH, MP, H. Mahmud, Paisol Purnama, BA, Drs. AE. Wardhana KH, dan tokoh muda Oking Ganda Miharja, SH.

“Jadi, artinya tokoh pesisir yang mampu itu cukup banyak. Dari ujung Leomg hingga ujung Belimbing, yang namanya peisir itu kini putra-putri terbaiknya menyebar ke berbagai penjuru di tanah air. Semua yang saya sebutkan di atas layak. Bahkan masih ada beberapa lagi yang tidak saya sebutkan. Semuanya layak, tidak mesti harus Syarkoti. Siapaun dia yang mempunyai kepedulian atas kemajuan pesisir, harus didukung,” ujar Syarkoti.

Sementara itu ketika dikonfirmasi terpisah, tokoh adat Marga Waysindi Kausar Mas, SH mengaku nama-nama yang disebutkan Syarkoti itu layak. Tinggal lagi seleksi alam yang menentukan dan kemauan masyarakat. “Kalau menurut hemat saya, Syarkoti Toha juga cakap, mampu dan layak mendampingi Mukhlis peridoe mendatang.”

Kausar mengatakan jika dirinya dan beberapa tokoh adat lainnya di pesisir telah melakukan penggalangan lintas tokoh yang misinya memberikan pencerahan sekaligus mencari figur pemimpin asal pesisir belum lama ini. Menurutnya, terdapat banyak nama yang direkomendasikan masuk bursa calon wakil bupati, seperti beberapa di antaranya yang disebutkan Syarkoti.

Meski begitu, tandas Kausar, apa yang disebutkanya hanya sebatas wacana menggugah pemikiran warga pesisir. “Intinya saya sependapat dengan pak Syarkoti, siapapun calon pendamping Mukhlis, yang penting dari pesisir. Itu agar ada upaya pemerataan pembangunan di pesisir,” pungkasnya. (aga)

Tidak ada komentar