HEADLINE

Satpol PP Usul Perbaikan Pos dan Portal


Balikbukit, WL - 19 Agustus 2011

Kinerja petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Lampung Barat (Lambar) dirasa perlu ditingkatkan. Selama ini, tugas Satpol PP hanya terbatas pada pengamanan bupati dan atau pejabat lain, pengamanan aset-aset daerah, serta ketentraman dan ketertiban (trantib) semata.

Lebih dari itu, seyogianya petugas juga peka terhadap situasi lingkungan sekitar sebagai langkah antisipatif untuk menjaga dan atau menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya memfungsikan pos penjagaan selama 24 jam dan pemasangan portal pada titik-titik dan waktu tertentu di kompleks perkantoran pemkab Waymengaku. Syukur-syukur kalau dipasang CCTV.

Sejak dua tahun lalu, kantor tersebut diketahui telah mengajukan anggaran pembangunan penambahan pos jaga dan portal-portal pada beberapa titik masuk-keluar kompleks. Namun tak sempat difungsikan maksimal, aset tersebut keburu rusak. Sehingga, warga sekitar bisa dengan leluasa keluar-masuk ke dalam kompleks. Kondisi tersebut berpotensi menimbulkan ekses yang tak diinginkan, seperti perusakan atau pencurian.

Terlebih pada malam hari, di bawah papan nama kantor bupati dan dewan, yang berada persis di depan kedua kantor tersebut, diindikasikan sebagai tempat memadu kasih muda-mudi. Bukan hanya itu, kesempatan tersebut juga bukan tidak mungkin dijadikan tempat melakukan perbuatan melanggar hukum, seperti minum minuman keras. Setidaknya membuang sampah rokok, minuman, dan makanan ringan.

“Belum lama ini, saya pernah melihat botol-botol miras di depan kedua kantor itu. Belum lagi sampah bekas bungkus rokok, puntung, dan tisu berserakan. Pada malam hari, saya juga sering melihat pasangan muda-mudi pacaran di situ. Beberapa kelompok anak muda juga sering terlihat minum.,” kata Hendri, warga yang tinggal di seputaran dari kompleks, Kamis (18/8).

Plh. Kasat Pol. PP Sukardi mengaku tak mengetahui persis indikasi tersebut. Menurut dia anggotanya memang piket secara bergantian di beberapa kantor sesuai jadual. “Tapi ini sekaligus masukan yang berharga. Untuk diketahui, kami juga telah mengajukan usul perbaikan pos-pos jaga dan penambahan portal melalui liding sektor terkait,” ujar Sukardi. (aga)

Tidak ada komentar