HEADLINE

Poktan Bina Sejahtera Tanam Singkong Racun

Pesisir Selatan WL - 30 Juni 2011

Guna meningkatkan taraf perekonomian dan kesejahteraan anggota, Kelompok Tani (Poktan) Bina Sejahtera Pekon Biha Kecamatan Pesisir Selatan Kabupaten Lampung Barat (Lambar) sejak tahun 2010 lalu menanam singkong racun.

Kepada Warta Lambar, Kamis (30/6), Ketua Poktan Iskandar Maknal, menjelaskan singkong racun cukup menjanjikan dan terbukti dapat menambah penghasilan petani karena merupakan bahan pokok pembuatan tapioka. Jadi untuk pemasaran tidak masalah akan diambil langsung oleh konsumen dari Lampung Tengah.

Untuk harga saat ini Rp500/kg. Lanjut Iskandar, kelebihan singkong tersebut mampu memroduksi 2Kg lebih perbatang dengan umur enam bulan. Keistimewaan lain tahan terhadap hama termasuk hama babi.

Menurutnya babi dan sapi tidak memakan singkong itu. Untuk perawatan tergolong mudah, begitu juga pemupukan cukup satu kali hingga panen. Poktan itu menanam sekitar 50Ha dengan modal per Ha hingga panen berkisar Rp5 juta.

kendala yang dihadapai saat ini, yakni pengadaan bibit yang masih harus didatangkan dari Lampung Tengah dengan harga per ikat Rp15 ribu/50 batang. Sedang 1Ha ditanami 2.500 batang. Pembimbing dan petunjuk pengelohan tanaman masih dibina langsung oleh salah satu konsumen. “Kami mengharapakan perhatian dari pemkab, khususnya dinas terkait untuk pembinaan serta bantuan modal kerja,” pungkasnya. (sul)

Tidak ada komentar