HEADLINE

Kawanan Gajah Rusak Tanaman

Balik Bukit, WL

Kawanan gajah keluar dari hutan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) dan merusak tiga pohon kelapa milik warga di jalur LIwa-Krui, tepatnya di Kubuperahu Kecamatan Balikbukit Kabupaten Lampung Barat (Lambar), Rabu (22/6) sekitar pukul 8.00.

Menurut salah seorang pengendara, Ma’ruf, kawanan gajah dengan gading sekitar 30Cm itu keluar dari TNBBS dan terlihat dari dalam kendaraan yang ditumpanginya.

Dia mengaku sempat cemas meski saat melintas tak terkendala. “Ada gajah dari TNBBS di Kubuperahu.”

Pantauan wartawan Koran ini di lapangan, tiga dari empat tanaman pohon kelapa itu tampak berantakan. Pelepah pohon tersebut berserakan di bawah batangnya.

Meski begitu menurut warga kawanan gajah itu sudah meninggalkan lokasi. Sepertinya, kawanan gajah keluar dari sarangnya karena kelaparan lantas mencari pakan dan merusak tiga pohon kelapa itu.

Seorang warga yang berada di lokasi, Ahid, membenarkan jika kawanan hewan bertubuh besar itu keluar dari TNBBS menuju lokasi.

Namun sayang dia tidak menyebutkan berapa jumlah kawanan binatang yang dilindungi undang-undang itu.

Sebab, dirinya juga mengetahui setelah kawanan hewan dengan telinga lebar itu kembali ke TNBBS. “Saya ada di sini setelah gajahnya benar-benar pergi,” tutupnya. (esa)

Tidak ada komentar