HEADLINE

Forum Anak Daerah Lampung ke Solo

Bandarlampung, WL

Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Lampung beberapa waktu lalu menggelar pertemuan Forum Anak Daerah (FAD) di Taman Budaya. Dari hasill temu forum anak se-Provinsi Lampung tanggal 19-21 Mei lalu itu, mereka mendapatkan 15 rekomendasi suara anak Lampung.

Hari ini Rabu (29/6) ditemui di hotel Bintang Panghegar Bandarlampung, sebanyak empat anak akan mengikuti Pertemuan Forum Anak Nasional (FAN) di Solo, Jawa Tengah, tepatnya di Taman Budaya Surakarta. Kegiatan tersebut akan berlangsung selama tiga hari, 30 Juni hingga 2 Juli 2011.

Para peserta yang menjadi duta anak Lampung pada FAN ini menurut Budiono, ketua LPA Lampung, diseleksi berdasarkan forum anak sebaya dari tingkatan umur. Dan yang memilih mereka adalah dari anak-anak peserta FAD, sehingga tidak ada kecurangan dalam pemberangkatan tersebut.

Mereka yang berhasil mewakili Lampung adalah, Yudha Satrio Oktavandi (17) dari FA Lampung Tengah, Ledi Priscila Anjani (17), dari FA Pringsewu, Fitria Andarwati Zainuddin (12) FA Lampung Selatan, serta Bintang Mahakarya Sembahen (11) FA Kota Metro.

Setelah kembali ke Lampung diharapkan mereka akan membawa angin segar, mereka akan memperjuangkan hak-hak anak dan dapat membangun capacity building sebagai sumber penguatan FA yang ada di seluruh Indonesia, utamanya 33 provinsi di Indonesia. Tidak hanya itu nantinya mereka juga akan dipertemukan dengan konferensi KLA Asia-Pasifik yang berbarengan dengan FAN.

Menurut Yudha, salah satu yang akan diperjuangkan dan FAN kali ini adalah pembuatan Jaminan Kesehatan Khusus Anak (Jamkesnak) dan mengaktifkan Puskesmas Keliling di daerah terpencil. (len)

Tidak ada komentar