HEADLINE

2011, Wisman Belum Terdata

Kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Barat

Balikbukit, WL - 30 Juni 2011

Pada tahun 2011 ini jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke beberapa objek wisata pantai di wilayah pesisir Kabupaten Lampung Barat (Lambar), belum terdata.

Demikian dikatakan Kadis Pariwisata dan kebudayaan (Disparbud) didmapingi Kabid Pemasaran Pariwisata Arif Nugroho SE, MSi mendampingi Kadis H. Hudaibi, SH melalui Kasubbag Perencanaan Lisa A. Hani, kepada Warta Lambar, Kamis (30/6).

Sebab, lanjut Lisa, pihaknya belum mendapat laporan dari 33 pengelola hotel dan penginapan yang telah terdata. Karena biasanya pihak pengelola baru melaporkan jumlah wisman ke pada pihaknya setiap akhir tahun.

Meski begitu, pihaknya berjanji menerapkan sistem jemput bola ke setiap pengelola hotel di pesisir Krui. Bahkan, cara tersebut bakal dilakukan setiap akhir bulan. Itu dilakukan guna mengetahui jumlah wisman yang berkunjung ke objek wisata pantai pesisir Krui. Pihaknya juga berencana bekerjasama dengan sejumlah camat di daerah tersebut guna validasi data wisman. “Minimal tiga bulan sudah ada laporan,” pungkasnya.

Sekadar diiketahui, jumlah wisman pada tahun 2010 tergolong melonjak dari dua tahun terakhir, yakni 9.105 turis. Sementara tahun 2008, 7.000 pengunjung dari berbagai negara dan 2009 hanya 7.500 wisman. (esa)

Tidak ada komentar