HEADLINE

Lambar Gelar Pemilihan Muli-Mekhanai Tahun 2016

LIWAAjang pemilihan Muli-Mekhanai di Kabupaten Lampung Barat (Lambar) tahun 2016 dihelat selama empat hari, Senin-Kamis (18- 21 April 2016).

Kepala Bidang Kebudayaan  Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata, dan Kebudayaan (Disporaparbud) I Nyoman Mulyawan, S.Sn.,M.Sn menjelaskan visi dinas tersebut mewujudkan kepemudaan yang berprestasi dan kepariwisataan yang berdaya saing serta peningkatan budaya lokal sebagai aset wisata.

Even ini juga, tandas Nyoman, merupakan salah satu upaya promosi dan pelestarian seni budaya daerah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lambar melalui Disporaparbud dalam menggali potensi muli-mekhanai yang mempunyai minat di bidang show biz dan tempat menyalurkan bakat, minat guna mengembangkan diri berkreasi positif.

Nyoman juga mengajak muli-mekhanai Lambar lebih mengenal dan mencintai seni dan budaya daerah serta potensi pariwisata sebagai ajang kreasi untuk lebih mengetahui kepariwisataan daerahnya.

Selain itu, muli-mekhanai diharapkan menjadi duta wisata mempromosikan objek wisata dan budaya Lambar ke luar daerah dan membantu menciptakan kegiatan positif agar terhindar dari pengaruh-pengaruh buruk pergaulan bebas dan narkoba.

Dikatakanya juga bahwa untuk meningkatkan pemahaman muli-mekhanai Lambar terhadap arti pentingnya kepariwisataan dan seni budaya dengan pengembangan kepariwisataan Kabupaten Lambar.

Pada pemilihan muli-mekhanai 2016, pemenang dikelompokkan dalam beberapa kategori. Runner Up I dan II Muli-Mekhanai Lambar, Juara Harapan I, II dan III Muli-mekhanai Lambar, Juara I, Runner Up I, II Mekhanai Lambar, Juara Harapan I, II, III Mekhanai Lambar, Juara I, Runner Up II dan III Atribut Mulli-Mekhanai Lambar (Muli Photogenic, Muli-Mekhanai Persahabatan, Muli-Mekhanai Favorite, Muli- Mekhanai Berbakat).

”Untuk menentukan pemilihan muli-mekhanai 2016 dilakukan penilain oleh dewan juri secara komprehensif dan komulatif dari mulai peserta dinyatakan lulus registrasi sampai grand final. Dimana Juara I Muli sekaligus dinobatkan sebagai Putri Pariwisata Lambar akan mewakili Lambar dalam ajang pemilihan muli-mekhanai pada Festival Krakatau 20016 di Bandarlampung,” jelasnya.

Masih kata Nyoman, ada beberapa aspek penilain dalam lomba tersebut, maisng-masing performance meliputi (estetika berbusana, catwalk, tata rias, fashion, photo style), kecakapan meliputi (pengetahuan tentang kepariwisataan dan kebudayaan, wawasan dan pengetahuan populer, talent show (unjuk bakat), personality  meliputi table manner (jamuan makan malam), public speaking, etika pergaulan).

Dalam pemilihan tersebut, tata tertib (police dan procedure) meliputi ketentuan umum. Dimana peserta akan diasramakan dan selruuh kegoatan selama diasrama menjadi tanggungjawab panitia, dan peserta yang melanggar hukum dan norma-norma yang berlaku akan didiskualifikasi.

Peserta wajib mengikuti seluruh rangkain kegiatan yang telah dijadwalkan panitia, wajib menjaga kebersihan dan kerapian kamar serta lingkungan area hotel dan wajib bangun pagi pada pukul 05.00 mengikuti shalat subuh (bagi yang muslim) dan senam pagi dan harus sudah di kamar paling lambat pukul 24.00 untuk beristirahat malam.

Kemudian, peserta dilarang meninggalkan asrama tanpa izin panitia, merokok, berjudi, minum-minuman keras dan perbuatan melanggar hukum dan membawa senjata tajam, dan menerima tamu dan keluarga di dalam kamar. Selama diasrama dilarang memakai pakain untuk mekhanai (celana pendek,singlet, dan sarung diluar kamar). Untuk muli (celana pendek, daster, baju transfaran) serta dilarang menggunakan alat komunikasi (HP) selama kegiatan berlangsung, pembekalan di dalam  kelas dan membuat keributan serta kegaduhan.

Nyoman juga mengatakan perlengkapan/propertis peserta yang harus disiapkan, untuk muli pakain harian secukupnya untuk tiga hari, sepatu sport, sepatu, pakaian senam/street, handuk dan perlengkapan mandi, pakain casual, t-shirt, baju,rok, dan celana jeans, kosmetik, cermin, buku dan alat tulis.

Untuk perlengkapan lomba, yaitu gaun malam untuk fashion show, pakain pesta untuk galla dinner, pakain muli khas Lampung (kain tapis, kebaya, sanggul malang, accesoris lainnya sepatu dan sandal high heel (hak tinggi).

Terakhir untuk perlengkapan mekhanai, untuk seharian meliputi pakain harian secukupnya untuk tiga hari, sepatu sport, sepatu kulit hitam berhak, pakain senam, handuk dan perlengkapan mandi, pakain casual (t-shirt, baju, celana,  jeans ) buku dan alat tulis.

“Serta perlengkapan lomba meliputi pakaian resmi untuk galla dinner (kemeja batik, celana dasar kain), untuk fashion show kemeja lengan panjang/pendek dan celana dasar kain, pakaian mekhanai Lampung kain tumpak, jas tutup, tungkus, accesoris lainnya serta dasi panjang. Tempat pendaftaran di kantor Diaprpora, Radio Mameru, Radio Swara Praja atau langsung ke kontak ponsel 0811792362 dan 085764645132,” pungkas Nyoman. (*)


Tidak ada komentar