HEADLINE

SIMALABA AWARD 2017


SIMALABA SERIUS MENUMBUHKAN DUNIA LITERASI
DENGAN MEMBERI PERHATIAN KHUSUS PADA KAUM PEMULA

Berawal dari group fecebook (fb) yang kemudian tengah berproses untuk menjadi sebuah yayasan Silaturahmi Masyarakan Lampung Barat (SIMALABA) terus mengkampanyekan budaya Literasi, khususnya memberi perhatian spesial bagi kaum yang baru belajar menulis puisi, cerpen dan karya jurnalistik. Wahana yang dipelopori oleh anak anak mudaLampung Barat ini terus tumbuh dan bersuara.

Sebagai bukti nyata yang telah dilakukan, diantaranya adalah publikasi SEMARAK PUISI DAN CERPEN MALAM MINGGU di media online Warta Lambar yang kini telah memasuki siar ke 61 kali malam minggu, menjalin kerjasama dengan Penerbit buku Perahu Litera (salah satu penerbit di Lampung yang sedang berkembang) untuk menerbitkan buku-buku antologi puisi, cerpen dan panduan menulis puisi. Sangat menggembirakan, sebab langkah langkah positif ini ternyata mengundang semakin banyak minat terhadap dunia literasi kita, baik di Kabupaten Lampung Barat bahkan berdatangan dari luar Lampung Barat.

Simalaba juga menjalin kerjasama dengan PT. MUTIARA BANTEN LESTARI untuk merilis MAJALAH SIMALABA yang rencananya akan terbit perdana pertengahan tahun ini. Menurut salah satu kru redaksi Majalah Simalaba, R Tia, “Media cetak perlu kita terbitkan, selain tetap konsisten dengan media online Warta Lambar. Majalah Simalaba dan media online Warta Lambar akan bergandeng tangan untuk sama sama sebagai wahana publikasi karya-karya puisi, Cerpen maupun berbagai jenis tulisan jurnalistik”.

Dalam rangka menyambut terbitnya Majalah Simalaba edisi perdana maka akan diberikan ANUGERAH SIMALABA 2017 untuk 3 puisi terbaik, 10 puisi nominator dan 87 puisi pilihan. Genab 100 puisi ini yang akan dimuat Majalah Simalaba edisi-01 2017, selain juga akan memuat tulisan seputar kerusakan lingkungan, sejarah, kultur budaya, ekosistem, dll. Majalah yang akan dipimpin oleh Riduan Hamsyah ini tidak akan mengulas dunia politik sebab lebih diarahkan pada observasi seputar seni, kebudayaan dan lingkungan hidup.



Syarat dan ketentuan peserta yang ingin menerima Simalaba Award 2017
  1. Mengirim 2 judul puisi terbaru (karya 2017)
  2. Judul puisi ditulis dengan huruf kapital serta dilengkapi titimangsa
  3. Dilengkapi dengan biodata dan foto bebas
  4. Tema puisi bebas, tetapi tidak mengandung unsur Sara
  5. Naskah dikemas dalam satu file ms word lalu dikirim ke e-mail: riduanhamsyah@gmail.com dengan subjek SIMALABA AWARD 2017_NAMA PENULIS
  6. Naskah diterima paling lambat 15 Mei 2017
  7. Kegiatan ini tidak dipungut biaya (gratis)


Bagi puisi yang memenuhi kriteria tim kurator maka akan diberikan anugerah Simalaba 2017, berupa:
  1. Terbaik pertama, mendapatkan sebuah kaos cantik bertulis SIMALABA AWARD 2017, tiga exemplar Majalah Simalaba edisi-01/2017, piagam penghargaan, dikirim ke alamat penulis.
  2. Terbaik kedua, mendapatkan sebuah kaos cantik bertulis SIMALABA AWARD 2017, dua exemplar Majalah Simalaba edisi-01/2017, piagam penghargaan, dikirim ke alamat penulis.
  3. Terbaik ketiga, mendapatkan sebuah kaos cantik bertulis SIMALABA AWARD 2017, satu exemplar Majalah Simalaba edisi-01/2017, piagam penghargaan, dikirim ke alamat penulis.
  4. 10 puisi nominator akan mendapat piagam penghargaan dan e-sertifikat
  5. 87 puisi pilihan akan mendapatkan e-sertipikat.




Kegiatan ini rencananya akan rutin digelar bertujuan untuk semakin memberikan motivasi bagi penulis dan calon calon penulis, serta memberikan lebih banyak ruang untuk publikasi karya anak negeri yang saat ini semakin sulit sebab media yang tersedia begitu terbatas, terutama bagi kaum pemula. (Riduan Hamsyah)

Tidak ada komentar