HEADLINE

Gerakan Tribudisyukur Membaca yang diprakarsai Oleh Forum Mahasiswa Tribudisyukur



Tribudisyukur 6 Maret 2017- Kordinator Forum Mahasiswa Tribudisyukur, M. Andrean Saefudin  menerangkan, Budaya baca  masyarakat di Tribudisyukur bisa dikatakan kurang, maka dari itu kami Mahasiswa Tribudisyukur yang tergabung di Forum Mahasiawa Tribudisyukur mengadakan “Gerakan Tribudisyukur Membaca” sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Gerakan membaca itu   tidak hanya melibatkan sekolah  saja, tetapi juga masyarakat umum di Tribudisyukur “Kesadaran minat baca di Indonesia terbilang  sangat rendah. Data UNESCO 2010 menyebutkan prosentase minat baca di Indonesia hanya 0,01 % saja. Artinya indeks minat baca di seluruh wilayah Indonesia terbilang rendah, termasuk di Pekon Tribudisyukur.” ungkapnya.

Selanjutnya, Wakil Kordinator Forum Mahasiswa Tribudisyukur IRFAN TRIANA APANDI Menambahkan, kata sebagai Mahasiswa tidak berpangku tangan dan kita Turun Tangan; melakukan langkah terobosan yang terarah dan terprogram melalui “Gerakan Tribudisyukur Membaca” yang kini sedang gencar disosialisasikan.

Selanjutnya, “Kita ingin gerakan ini menyebar ke masyarakat. Bidikan utaman sosialisasinya di Fokuskan pada kalangan masyarakat, anak-anak usian sekolah dari SD, SMP dan SMA/SMK, Pemuda, Mahasiswa dan Seluruh Masyarakat yang ada Tribudisyukur."

M. Andrean Saefudin  Menambahkan  ketika pemerintah pusat menggalakan budaya baca di sekolah dengan Gerakan Literasi Sekolah, maka Forum Mahasiswa Tribudisyukur menangkap ini peluang untuk membudayakan membaca. Bukan hanya di sekolah, tetapi juga di lingkungan masyarakat. 

Adapun kedepan M. andrean saefudin berharap, terwujud di Tribudisyukur sebuah Perpustakaan yang Lengkap dengan Koleksi buku-buku serta mudah di akses oleh masyarakat  Sedangkan untuk pengadaan bukunya, pihaknya telah mencoba menghubungi sejumlah penerbit buku, ternyata mendapat respond positif dari mereka untuk ikut menyumbang buku yang layak dikonsumsi/dibaca masyarakat. Bahkan, pihaknya pun merencanakan untuk melakukan “Donasi Buku Sedekah Ilmu”, tuturnya.

Karena itu, program “Gerakan Tribudisyukur Membaca” dinilai sangat Penting, dan perlu mendapat dukungan dari seluruh lapisan masyarakat agar berjalan sukses sebagaimana yang diharapkan ”Diakui atau tidak,  kebiasaan masyarakat untuk membaca semakin menurun. Kini  masyarakat   lebih suka nonton daripada membaca” jelasnya.

Lanjut andre, "Karena itulah, mengimbau mari kita membiasakan membaca dan turut mensukseskan Gerakan Tribudisyukur Membaca yang diprakarsai Oleh Forum Mahasiswa Tribudisyukur,” tuturnya.

Tidak ada komentar