HEADLINE

Pesibar Sosialisasi Perda RPJMD



PESISIR BARAT – Pemkab Pesisir Barat (Pesibar) melalui Bappeda setempat menggelar sosialisasi Rencana pembangunan Jangka Panjang Menengah (RPJMD) di Gedung Wanita Krui, Selasa (22/11).

Sosialisasi tersebut dihadiri Wabup Erlina, Sekkab Azhari Sobri, Wakil Ketua DPRD Wardhana Kasuma dan M. Towil, Kepala Bapped Zukri Amin, dan para kepala SKPD.

Langkah tersebut dimaknakan sebagai upaya pemerintah menjadikan rakyatnya sejahtera yang diformulasikan sebagai upaya mewujudkan masyarakatnya yang religius, cerdas, sehat, dan berakhlakul karimah.

RPJMD juga dimaksudkan sebagai tolak ukur bagi pemkab dalam meningkatkan produktivitas ekonomi masyarakat pekon maupun optimalisasi pemanfaatan kekayaan laut, pertanian, kehutanan dan perkebunan sebagai basis ekonomi kerakyatan.

Selain itu, RPJMD dimaksudkan sebagai langkah meningkatkan infrastruktur, sumber daya energi dan mitigasi bencana serta penguatan ketahanan pangan masyarakat berwawasan lingkungan dan berkelanjutan.

Pesibar sendiri berkomitmen mewujudkan diri sebagai daerah tujuan wisata yang berpijak pada kearifan lokal, meningkatkan pelayanan umum terhadap masyarakat guna menciptakan pemerintahan yang bersih dan baik (good governance).

“Kemudian diterjemahkan kedalam tujuan dan sasaran yang merupakan tahap perumusan sasaran strategis yang menunjukkan tingkat prioritas dalam perencanaan pembangunan jangka menengah daerah yang selanjutnya akan menjadi dasar penyusunan arsitektur kinerja pembangunan daerah secara keseluruhan,” ungkap Erlina.

Sementara Kepala Bappeda Zukri Amin menambahkan, sasaran yang hendak dicapai merupakan salah satu tahap perencanaan kebijakan (policy planning) yang memiliki kritikal poin dalam penyusunan RPJMD.

“Agar pelaksanaan RPJMD efektif dan terarah, maka pelaksanaan kebijakan umum dan program telah diatur berdasarkan prioritasnya, dan target pencapaian kinerja dari masing-masing sasaran dan bidang urusan pemerintahan serta SKPD penanggung jawab yang telah ditentukan,” katanya. (wartalambar.com/aga)

Tidak ada komentar