HEADLINE

PKK Canangkan Kesrak PKK KB-Kesehatan


LAMPUNG BARAT - Ketua TP PKK Kabupaten Lambar Dra. Hj. Helwiyati Komala Dewi mencanangkan Kesatuan Gerak (Kesrak) PPK KB Kesehatan tingkat kabupaten di aula PKK kompleks pemkab setempat, Rabu (12/10/2016).

Tampak hadir dalam pencangan tersebut sejumlah kepala SKPD, camat, Ketua TP PKK tingkat kecamatan, serta Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) se-Lambar.

Helwiyati menyampaikan apresiasi kepada segenap pengurus TP PKK di pekon, kecamatan, dan seluruh kader atas baktinya kepada Bumi Sai Batin Lambar tercinta ini.

“Saat ini adalah kesempatan kita semua untuk berbuat dan berkarya dalam keterpaduan membangun Lambar. Ibu-ibu yang belum sempat mari kita mulai, yang sudah berkarya, ayo kita tingkatkan sehingga kita dapat bermanfaat untuk banyak umat,” ujarnya.

Dilain pihak, Kepala BKBPP Drs. Daman Nasir, M.P, mengungkapkan kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian menyambut Hari Kesatuan Gerak PKK dengan dukungan keterpaduan lintas sektor yang bertumpu pada kegiatan-kegiatan kelompok swadaya masyarakat, PKK dan instansi keluarga berencana kesehatan di tingkat pekon dengan kader sebagai ujung tombak serta keluarga sebagai sasaran utamanya. 

“Kami menghargai dan memberikan apresisasi yang tinggi kepada ibu-ibu PKK yang telah dan terus berperan aktif dalam upaya peningkatan kesehatan dan kesejahteraan keluarga, melalui kesatuan gerak PKK-KB-Kesehatan ini. BKBPP saat ini mempunya tugas untuk mengendalikan laju pertumbuhan penduduk dan mengatasi masalah kemiskinan, upaya yang dilakukan bukan hanya sebatas pada jumlah kelahiran tetapi juga mencakup upaya peningkatan kesejahteraan keluarga,” ujarnya.

Lanjut dia, program KB juga mencakup program bina keluarga balita (BKB), bina keluarga remaja (BKR), bina keluarga lansia (BKL), serta unit peningkatan pendapatan keluarga sejahtera (UPPKS)

Kegiatan ini dilaksanakan secara berjenjang dan terbagi atas empat kategori yaitu pelaksana terbaik Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan, lingkungan bersih dan sehat (LBS), posyandu terbaik, serta pelaksana perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di rumah tangga terbaik,” pungkasnya seraya menambahkan, lomba diselenggarakan di tingkat kecamatan Senin-Jumat (17-28/10/2016) mendatang. (*)

Tidak ada komentar