HEADLINE

LPPD, Lambar Raih Peringkat I



BALIK BUKIT - Pemerintah Kabupaten Lampung Barat (Lambar) meraih posisi peringkat I se-Provinsi Lampung dalam penilaian evaluasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) Tahun 2015 dengan perolehan nilai 3,5009. 

Itu berdasarkan hasil verifikasi Tim Kementerian Dalam Negeri dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Pusat di ruang rapat Sekertaris Provinsi Lampung, Selasa-Jumat (11-14/10) .

Berdasarkan informasi dari Kabag Tata Pemerintahan Setkab Lambar Yudha Setiawan, dalam ekspos yang disampaikan Ketua Tim Evaluator dari Kemendagri Yasoaro Zai M.S.i didampingi Kepala Biro Otonomi Daerah Chandri, S.H dan dihadiri oleh seluruh tim penyusun LPPD kabupten/kota se- Lampung, dinyatakan Lambar kembali meraih peringkat I LPPD tahun 2015.

Penilaian tersebut merupakan capaian Lambar untuk kali ketiga berturut turut pada peringkat pertama setelah sebelumnya LPPD tahun 2013 dan 2014.

"Dalam pencapaian tersebut merupakan hasil kerja seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang dikoordinasikan oleh Bagian Pemerintahan Setkab Lambar," ujar Yuda.

 Disampaikan juga, LPPD ini merupakan penilaian kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah yang dilaksanakan terhadap provinsi dan kabupaten/kota secara nasional yang dilakukan oleh tim pemerintah pusat yang terdiri atas Kemendagri dan BPKP Pusat.

Untuk  evaluasi awal telah dilaksanakan oleh tim daerah yang terdiri atas Biro Otonomi Daerah Setprov Lampung, Inspektorat Lampung, dan BPKP Lampung.

"Hasil evaluasi di tingkat provinsi ini selanjutnya akan dibawa ke pusat untuk diverifikasi secara nasional dan peringkatnya nanti ditetapkan melalui Surat Keputusan Mendagri," harapnya.

Sementara itu Sekkab H. Nirlan, S.H, M.M, berharap diraihnya prestasi tersebut dapat memacu dan memotivasi seluruh  SKPD agar ke depan prestasi yang telah diraih itu lebih ditingkatkan lagi dan dipertahankan karena itu sebagai bentuk keberhasilan penyelenggaraan pemerintah daerah.

“Apalagi tahun lalu, secara nasional Lambar meraih peringkat 30, jadi diharapkan ke depan lebih ditingkatkan,” ujar Nirlan.

Sekadar diketahui, berdasarkan verifikasi Tim Kementerian Dalam Negeri dan BPKP Pusat, Selasa-Jumat (11-14/10), Lambar meraih peringkat 1 LPPD dengan perolehan skor nilai 3,5009 (prestasi ST), dan peringkat selanjutnya berturut-turut Kota Metro skor 3,3886 (prestasi ST), Kota Bandar Lampung skor 3,3053 (prestasi ST), Lampung Utara skor 3,2726 (prestasi ST), Tulang Bawang Barat skor 3,2122 (prestasi ST), Lampung Timur skor 3,1469 (prestasi ST), dan Tanggamus dengan skor 3.1467 (prestasi ST). Lalu, Lampung Selatan dengan skor 3,1012 (prestasi ST), Tulang Bawang skor 3,0778 (prestasi ST), Pesawaran skor 3,0401 (prestasi ST), Way Kanan skor 3,0324 (prestasi ST), Lampung Tengah skor 3,0180 (prestasi ST), Mesuji skor 2,9847 (prestasi ST), dan Pringsewu skor nilai 2,3748 (prestasi T). (wartalambar.com/aka)

Tidak ada komentar