HEADLINE

Komsas Simalaba Sukses Gelar Event Lomba Cipta Puisi


MESKI TIDAK MENDAPAT DUKUNGAN DANA DARI DISDIK
KOMSAS SIMALABA SUKSES GELAR EVENT LOMBA CIPTA PUISI
TINGKAT PELAJAR SLTA SE KABUPATEN LAMPUNG BARAT

LAMPUNG BARAT-Komunitas Sastra Silaturahmi Masyarakat Lampung Barat (Komsas Simalaba) sukses menggelar event Lomba Cipta Puisi tingkat pelajar SLTA se-Lambar dan telah menyerahkan beasiswa sebesar:
  • Rp 1.500.000 sebagai peraih Juara Pertama kepada Fatmawati                                               siswa SMAN 1 KEC. PAGAR DEWA
  • Rp 1.000.000 sebagai peraih Juara ke-Dua kepada Kiki Rahmawati                                       siswa MA YAMSU LIWA
  • Rp    500.000 sebagai peraih Juara ke-Tiga kepada Lusi Yanti                                             siswa SMAN 1 KEC. SUMBERJAYA
  • Selain beasiswa dan tropi, panitia juga membagikan sertifikat untuk 20 nominator lomba. Penyerahan ini dilaksanakan di aula SMAN 1 Way Tenong, dihadiri oleh para peserta, nominator dan guru guru pendamping.

Menurut para pengurus Komsas dan admin Simalaba, semula kegiatan yang pertama kali diluncurkan ini, kurang mendapat respon dari sejumlah sekolah bahkan Disdik Kabupaten Lampung Barat sendiri meragukan kegiatan bisa berjalan sesuai target. Tetapi para pengurus dan admin Simalaba tersebut bisa menarik nafas lega karena Disdik memberikan rekomendasi. Dengan sebuah kerja keras dan keinginan membangun Lambar dari aspek kesenian para aktivis ini tidak putus asa dan akhirnya berhasil menemukan pelajar pelajar yang mempunyai bakat serta minat untuk menjadi penulis.

Selanjutnya, kegiatan yang bertema HUT Lambar ini cukup mendapat antusias sejumlah peserta. Khususnya siswa SLTA. Tidak berhenti sampai pada event lomba saja, selesai penyerahan beasiswa, tropi dan sertifikat lomba yang dilaksanakan di SMAN 1 Way Tenong beberapa hari lalu para peserta yang berhasil meraih predikat juara serta para nominator saat ini direkrut ke Komsas Simalaba untuk mengikuti sekolah menulis puisi yang merupakan program dari Simalaba.

Sekolah menulis dunia maya yang dikelola oleh para Pengurus Komsas dan admin Simalaba ini sebagai wadah untuk membina bakat bakat menulis di Lampung Barat yang beberapa diantara pesertanya ditemukan pasca event lomba. Saat ini tidak kurang dari 50 pemuda yang mempunyai minat sastra telah bergabung di komunitas ini. Para calon calon penulis diberi wawasan tahap dasar seputar dunia kesusastraan, khususnya puisi; mulai dari penggarapan tema, isi dan ulasan ulasan.

Diharapkan kegiatan yang bernilai edukasi ini bisa memberikan pencerahan kepada masyarakat luas bagaimana menggunakan media sosial secara efektive dan bermanfaat. Tidak hanya menghabiskan waktu dan kuota semata. Group feacbook dunia maya yang bernama SIMALABA terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar menggunakan medsos untuk kepentingan informasi, komunikasi dan edukasi.

Selanjutnya para pengurus Komsas Simalaba dan admin Simalaba akan terus menggelar event yang serupa. Bahkan lomba cipta puisi akan jadi agenda tahunan yang dikawal secara jurnalistik. Selain itu, komunitas ini juga memiliki agenda mingguan, yaitu SEMARAK PUISI MALAM MINGGU yang dipublikasikan secara rutin di media online www.wartalambar.com saat ini telah memasuki edisi ke-33. Simalaba juga akan menerbitkan buku kumpulan puisi karya anak anak Komsas Simalaba di awal tahun 2017 berjudul EMBUN PAGI LERENG PESAGI sebagai bukti otentik ekspresi tumbuhnya geliat kesenian masyarakat di Lampung Barat.

Tidak ada komentar