HEADLINE

SCOPI-IDH Gelar Pelatihan Kopi

LAMPUNG BARAT - Sustainable Coffee Platform Indonesia (SCOPI) dan IDH Global Coffee Platform (GCP) menggelar pelatihan pelatih utama ahli (training of trainer) Master Trainer Nasional Kurikulum dan Manual Pelatihan Budidaya Berkelanjutan (Good Agriculture Practices GAP) dan Pasca Panen (Post-harvest) Kopi Robusta.

Sebanyak 65 peserta dari 11 provinsi, Lampung, Sumsel, Jabar, Jatim, Bali, NTB, NTT, Papua, Jambi, Bengkulu, dan Sulsel, yang notabene perwakilan pemerintah, LSM, perusahan kopi dan petani kader ahli di Hotel Permata Rabu-Kamis (20-21/9/2016).

Program tersebut merupakan kerjasama Pusat Pelatihan Pertanian Kementrian Pertanian dan pihak terkait, dibuka Asisten II Ir. Noviardi Kuswan dan dihadiri Kepala Dinas Perkebunan (Disbun) Ir. Rusdi.

Direktur Executive SCOPI Veronica Herlina, mengatakan kegiatan tersebut telah diluncurkan Kaban Puslitbang SDM-Kementan dan Deputi Bidang Koordinasi Pertanian dan Pangan Kementan 2 Mei 2016, di Jakarta.

Nasional Kurikulum dan Manual Pelatihan Kopi Robusta Berkelanjutan ini merupakan satu-satunya kurikulum dan manual pelatihan Nasional yang disusun dengan melibatkan multi-stakeholders dari sektor perkopian nasional, pelaku pasar Internasional, pemerintah dan mitra kerja pemerintah,” kata dia.(wartalambar.com | aka)

Tidak ada komentar