HEADLINE

Satpol PP Rampungkan Pelatihan Satlinmas

Anggota Satpol PP bersama Anggota Satuan Bimas Polres Lambar bersama-sama melatih anggota Satlinmas Kecamatan Suoh dan Bandar Negeri Suoh, Senin (29/08/2016) di Lapangan Arjuna Pekon Sumber Agung Kecamatan Suoh.
LAMPUNG BARAT - Polisi Pamong Praja (Pol PP) Lambar mengakhiri Pelatihan Anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Kecamatan dan Pekon se-Kabupaten Lampung Barat (Lambar).

Kecamatan Suoh dan Bandarnegeri Suoh menjadi kecamatan terakhir untuk dilatih yang kemarin dipusatkan di Lapangan Arjuna Sumberagung, Suoh, Senin (29/8/2016).

Kegiatan itu guna mewujudkan personil Linmas Lambar yang handal dan Profesional dalam melaksanakan tugas-tugas di wilayangnya masing-masing.

Kasat Pol PP Burlianto Ekaputra, mengatakan sudah 500 personel yang sudah dilatih, utamanya personel linmas yang baru menjadi anggota dengan tujuan pelatihan ini adalah memberikan pembekalan bagi personil linmas yang ada di pekon/desa serta kecamatan dalam melaksanakan tugas-tugasnya.

"Diantaranya siskamling, deteksi dini, pengamanan dalam penyelenggraan pemilihan umum dan peranan linmas untuk membantu dalam penanganan bencana," ujar Burlianto..

Lanjut dia, sebagaimana diatur dalam Permendagri No. 84/2014 tentang Penyelenggaraan Perlindungan Masyarakat bahwa Satuan Linmas adalah warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan melaksanakan kegiatan penanganan bencana.

Selain itu, ikut memelihara keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat, kegiatan sosial kemasyarakatan serta melaksanakan penanganan ketentraman, ketertiban dan keamanan penyelenggaraan pemilihan umum.

Pelatih atau instruktur pada kegiatan tersebut terdiri atas unsur Pol PP dan Polres Lambar diikuti 31 peserta utusan pekon dari satu kecamata serta dibekali buku panduan pelatihan dan piagam.

Pelatihan itu sendiri, tandas Burlianto,  bagi dua tahap, pertama bulan April yang lalu dengan melaksanakan pelatihan kepada anggota Satlitmas di Kecamatan Gedungsurian, Kebuntebu, Sumberjaya, Waytenong, Pagardewa, Airhitam, dan Sekincau.

"Sedang tahap kedua digelar Agustus ini sudah dilaksanakan untuk Kecamatan Balikbukit, Batubrak, Belalau, Batuketulis, Sukau, dan Lumbokseminung. Sedangkan terakhir untuk Kecamatan Suoh dan BNS telah kami gelar hari ini," pungkasnya.(wartalambar.com | toh)

Tidak ada komentar