HEADLINE

Lambar Gelar Upacara Peringatan HUTRI Ke-71 Tahun 2016

BALIK BUKIT - Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) RI Ke-71 Tahun 2016 di Kabupaten Lampung Barat (Lambar) digelar di lapangan Upacara Indra Pati Cakra Negara komplek pemkab setempat, Rabu,(17/08/2016).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Bupati Lambar Drs. Mukhlis Basri MM, Perwira Upacara Kaften Inf.Yusnizar, Komandan Upacara Kapten Inf. Waniran, dan Pembaca Teks Proklamasi Ketua DPRD Lambar,  peserta upacara yang turut hadir Sekdakab Lambar Anggota DPRD, Asisten Bupati, Staf Ahli bupati, Kepala SKPD, Muspida  Forkompinda serta undangan dan siswa siswi yang ada di kabupaten Lambar.

Membacakan sambutan Presiden RI joko widodo, Bupati Mukhlis basri mengatakan, Kemerdekaan adalah jembatan untuk memakmurkan rakyat, untuk menegakkan keadilan, untuk membuat seluruh rakyat Indonesia meraih kemajuan bersama. Untuk mencapai semua itu, harus membangun. Bangunlah jiwanya! Bangunlah badannya! Dari Sabang sampai Merauke harus dibangun. Dari Miangas hingga Rote harus dibangun. 

Paradigma pembangunan nasional diubah dari yang bersifat konsumtif menjadi produktif, dari yang bersifat Jawa Sentris menjadi Indonesia Sentris. Regulasi dan birokrasi juga kita perbaiki secara masif seiring  dengan penerapan teknologi informasi dan telekomunikasi. Kita juga telah tetapkan pembangunan infrastruktur di seluruh pelosok Tanah Air khususnya di desa-desa, di daerah-daerah pinggiran dan wilayah perbatasan guna memperkuat konektivitas nasional kita.

Berbekal pencapaian transformasi fundamental ekonomi tersebut, memasuki tahun kedua, Pemerintah bertekad melakukan percepatan pembangunan. Tahun 2016 ini dapat disebut sebagai Tahun Percepatan Pembangunan Nasional. Kita harus melangkah menuju Indonesia maju.

Mukhlis Basri menegaskan perjuagan Pahlawan adalah sebuah cita-cita dalam membangun kemitraan. Kemitraan merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari strategi mengantarkan temuan penelitian menjadi inovasi dan produk iptek berskala pasar. Pemerintah mendorong terjalinnya kemitraan dengan berbagai lembaga dan industri yang akan meningkatkan efisiensi dan efektivitas penciptaan inovasi. Dengan demikian, peneliti dan inovator bekerja tidak sendirian dalam menghasilkan inovasi, tetapi secara bersama-sama, konvergen dan sinergis dengan berbagai pihak. Pada akhirnya perguruan tinggi dan institusi riset yang memiliki peneliti dan inovator handal yang mampu menghasilkan produk inovasi yang secara signifikan meningkatkan meningkatkan daya saing dan kesejahteraan.

"Pada kesempatan ini juga, kami tegaskan, bahwa kami senantiasa membuka   pintu   hati  dan   pikiran   kami, bilamana bapak-ibu perintis kemerdekaan, veteran, wredatama dan warakawuri memberi saran, masukan dan petunjuk kepada kami di jajaran pemerintah  kabupaten lampung barat dalam pelaksanaan tugas–tugas perjuangan dan pengabdian terhadap bangsa dan negara, khususnya bagi daerah dan masyarakat kabupaten lampung barat tercinta ini."

Selanjutnya Pemerintah Kabupaten Lambar mengadakan ramah tamah dengan perintis kemerdekaan,  veteran, wredatama dan warakawuri se – Kabupaten Lampung Barat.

Dalam sambutannya Ketua Veteran Aspawi menyampaikan bahwa peringatan hari ulang tahun proklamasi kemerdekaan republik indonesia selain peringatan seremonial yang dilakukan secara rutin, juga merupakan sumber semangat dan kekuatan bagi bangsa kita dalam mewujudkan cita-cita proklamasi kemerdekaan  17 Agustus 1945.   Persembahan dari pahlawan kita yang telah berjuang membela negara dan memberikan jiwa raganya, adalah hadiah yang tidak ternilai harganya bagi seluruh bangsa Indonesia.

“Terlebih saat ini, kami melihat semangat dan nilai-nilai kejuangan itu masih terpancar dengan jelas dari wajah bapak-ibu perintis kemerdekaan, veteran, wredatama dan warakawuri yang ada dihadapan kita ini.   hal itu penting kami ungkapkan agar kita sebagai anak bangsa tidak melupakan sejarah panjang perjuangan bangsanya dalam mencapai keberhasilan seperti saat ini”, Ungkapnya.

Selanjutnya  berdasarkan informasi dari Kepala Bagian Kesra setdakab lambar Danang Hari Suseno menyampaikan anggota Leguin Veteran RI (LVRI) cabang lampung Kabupaten Lambar tahun 2016 dan mendapatkan bantuan senilair Rp 1.000.000.00 atas nama Supardi,Aspawi,Narin, Hanapi,Said, Kondi, Ayub,Sain, Kasnan,Bodong, RD Syarif, Naem Suarna, Sadju, Soekarno, Aropie Romli, Ngadiman, Nasim, Ajon, Sadjum, Tukiyo, Suta, Tabon, Arsa, MS.Atun BHB, Termidi, Tarwin Tajim, Basmi, Hasan Basri dan Odo Rusadi.(wartalambar.com | aka)

Tidak ada komentar