HEADLINE

UNBK Pesibar Digelar 2017?

PESISIR BARAT - Rencana pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar) yang dijadwalkan dimulai pada Ujian Nasional (UN) 5 Mei 2016 kemungkinan baru bisa dilaksanakan tahun 2017 mendatang.

Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Hapzi N.S., S.Pd., Selasa, 08 Maret 2016 mengatakan UNBK yang akan dilangsungkan di SMPN 1 dan SMPN 2 Kecamatan Pesisir Tengah 5 Mei mendatang besar kemungkinan batal.

Kesiapan kondisi dan SDM yang merupakan peserta tersebut menjadi faktor utama belum bisa digelarnya UNBK di Pesibar.

"Kami sudah berkirim surat ke Pemerintahan Pusat digelarnya UNBK di Pesibar belum siap, namun kami belum menerima jawabannya," ujar mantan Sekretaris BLHKP itu.

Dengan demikian jika memang UNBK belum digelar tahun ini, maka pelaksanaan UN di 2016 masih dilakukan secara manual.

"Kalaupun peralatan yang sudah dikirim sebanyak 160 unit harus dikembalikan ke Pemerintah Pusat, maka sepenuhnya kami siap," lanjutnya.

Menurut Hapzi, pihaknya akan berupaya secara bertahap Melengkapi sarana prasarana yang dibutuhkan dalam pelaksanaan UNBK agar seluruh sekolah di Pesibar bisa melangsungkan UN dengan sistem on line tersebut.

"Target kita bukan hanya di dua sekolah itu saja, melainkan seluruh sekolah di Pesibar bisa melaksanakan UNBK secara bertahap. Karena dalam hal anggaran tidak memungkinkan jika pengadaan sarana prasarana UNBK harus dilakukan sekaligus," pungkas Hapzi. (wartalambar.com | aga)

Tidak ada komentar