HEADLINE

PIN Polio Pesibar 75 Persen

PESISIR BARAT - Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio oleh Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar), Selasa - Selasa (8-15 Maret 2016) dipusatkan di masing-masing Pos PIN Polio di pekon-pekon.

Hari pertama PIN Polio Bupati-WAbup Dr. Drs. H. Agus Istiqlal, S.H, M.H.-Erlina, S.P, M.H. mengunjungi Pos PIN Polio Pekon Pelitajaya Kecamatan Pesisir Selatan, bahkan bupati sempat memberikan secara langsung imunisasi polio terhadap anak balita.

Kepala Dinkes Drs. Fanoka, menjelaskan target balita 0-59 bulan sebagai sasaran sebanyak 15.126 balita, sedangkan untuk jumlah pos PIN Polio di 11 kecamatan sebanyak 171 dengan jumlah kader posyandu 115 orang.

"Setiap anak mendapat imunisasi polio sebanyak dua tetes, sementara stok imunisasi yang telah disiapkan tentunya mencukupi. Pada akhir pelaksanaan PIN Polio seluruh balita usia 0-59 bulan dipastikan mendapat imunisiasi polio," jelasnya.

Lanjut Fanoka, pihaknya telah menangani 11.435 balita atau sudah sekitar 75,6 persen yang sudah mendapat imunisasi polio. Dia juga berharap dapat mencapai target maksimal.

"Untuk capaian maksimal itu, kita akan melakukan jemput bola hingga wilayah terisolir sehingga balita sasaran benar-benar mendapat imunisasi polio. Untuk, bagi masyarakat yang memiliki balita untuk dapat membawanya ke Pos PIN Polio terdekat," ujarnya.

Polio merupakan penyakit pada susunan saraf pusat disebabkan virus polio yang menyebabkan kelumpuhan dan sebagainya. Penyebaran penyakit ini melalui kotoran manusia (tinja) yang terkontaminasi. (wartalambar.com | aga)

Tidak ada komentar