HEADLINE

Temukan Tas Turis, Peratin Diapresiasi

Ilustrasi
PESISIR BARAT - Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar) mengapresiasi warga yang menjadi teladan kebaikan dan kesadaran wisata, terlebih Pesibar menjadikan pariwisata sebagai ikon unggulan.

Penghargaan yang dituangkan dalam bentuk piagam tersebut diberikan Pj. Bupati Drs. Qudrotul Ikhwan, M.M., kepada Iskandarsyah--Peratin Pekon Tanjungsetia Kecamatan Pesisir Selatan, Senin (15/2).

Ihwal pemberian aptesiasi itu sendiri karena beberapa waktu lalu Peratin Iskandarsyah menemukan tas milik wisatawan mancanegara di sekitaran jalan wisata Tanjungsetia.

"Keteladan seperti yang ditunjukkan oleh warga kita ini diapreasiasi. Perilaku baik ini harus menjadi contoh sehingga menampilkan Pesibar sebagai daerah yang ramah dan nyaman bagi wisatawan," jelasnya.

Masih kata Qudrotul, Pesibar adalah tujuan wisata internasional, dimana pada tahun 2015 tercatat sebanyak 8.866 wisatawan mancanegara dari 13 negara mengunjungi Pesibar.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Audi Marpi, M.M., mengulas kembali terkait Iskandarsyah warga yang secara kebetulan menemukan tas milik wisatawan mancanegara yang berisikan sejumlah uang yang bernilai jutaan rupiah dan dokumen-dokumen pemiliknya.

Dari contoh teladan itu, pihaknya terus berupaya mendorong kesadaran masyarakat untuk sadar wisata, salah satunya dengan memprogramkan pelatihan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) se-Pesibar.

"Pesibar harus menjadi daerah nyaman bagi wisatawan sehingga tingkat kunjungan meningkat yang otomatis memberikan kontribusi terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat dan perekonomian daerah," pungkas Audi. (wartalambar.com/aga)

Tidak ada komentar