HEADLINE

Harapkan Realisasi PLTMH

Pesisir Barat - Masyarakat Pekon Rataagung Kecamatan Lemong Kabupaten Pesisir Barat (KPB), mengharapkan realisasi Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) di pekon itu, yang menjadi program Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS), bekerjasama dengan Mahasiswa Unila, dan PILI, yang telah melalui beberapa tahap seperti, survei lokasi yang dilakukan beberapa bulan lalu.

Peratin Rataagung Irwan Syamri, ketika dikonfirmasi wartawan Lampung Sore, Minggu (4/8), sejauh ini masyarakat sangat berharap PLTMH tersebut bisa segera terrealisasi secepat mungkin, bahkan menjadi satu-satunya harapan masyarakat, setelah usulan masyarakat kepada Perusahaan Listrik Negara (PLN) tidak mendapatkan tanggapan. "Kalau tidak ada kejelasan, lebih baik langsung diberi keputusan saja, biar kita berupaya untuk mengajukan kepada pemerintah, karena harapan masyarakat listrik di pekon ini bisa segera terealisasi," ungkapnya.

Dia mengatakan, pekon paling ujung berbatasan langsung dengan Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu itu sangat terkendala khususnya masalah listrik. "Kami berharap pihak terkait segera memberi kejelasan terkait PLTMH tersebut, karena jika memang belum bisa terealisasi maka kami akan mengambil langkah lain, seperti mengajukan kepada pemerintah daerah," lanjutnya.

Sementara Kabid TNBBS wilayah II resort Balikbukit, Edi Susanto, S.E, M.M., mengakui belum mengetahui hasil uji coba sumber mata air, yang dilakukan mahasiswa Unila, Pili, dan TNBBS itu. "Sebenarnya jika kajiannya sudah selesai, maka PLTMH tersebut bisa segera terealisasi, namun kemungkinan kajiannya belum selesai, karena harapan kita PLTMH bisa berfungsi pada musim kemarau, bukan hanya pada saat musim penghujan saja, hasil dari kajian akan dipresentasikan oleh tim, lalu dinyatakan layak atau tidaknya lokasi yang telah diuji, jika memang tidak layak maka akan dipindahkan ke lokasi lain," pungkasnya. (nov)

Tidak ada komentar