HEADLINE

Pemasangan Bronjong Diharapkan Kembali Dilanjutkan

Pesisir Barat - Satu-satunya cara mengatasi longsor di bibir sungai, serta sebagai antisipasi terjadinya bencana banjir akibat luapan air sungai ke pemukiman warga yaitu dengan pemasangan bronjong, hal itu diyakini lebih efektif untuk menahan pengikisan dipinggiran sungai serta penahan banjir di sungai Waymayah Pekon Waynukak Kecamatan Karyapenggawa Kabupaten Pesisir Barat (KPB).

Hal tersebut dijelaskan Peratin Mat Darmawan, ketika dikonfirmasi wartawan koran ini, Minggu (14/7), bahwa masyarakat dipekon itu cukup mengharapkan adanya pemasangan bronjong lanjutan disungai Waymayah. Karena kondisi sungai tersebut cukup mengkhawatirkan sejumlah warga yang ada di wilayah dekat dengan sungai Waymayah itu.

“Memang sebagian besar sudah ada pemasangan bronjongnya, namun ada yang belum selesai hingga ke muara laut, kondisi itu jelas sangat dikhawatirkan warga yang bermukim tidak jauh dari sungai. Karena jika turun hujan deras dan aliran air sungai banjir, sungai tersebut dapat meluap hingga ke pemukiman warga, karena tidak adanya penahan air di sungai itu,” ungkapnya.

Menurutnya, dengan di bangunnya beronjong lanjutan maka keamanan pemukiman warga yang tidak jauh dari Sungai Waymayah dapat lebih terjamin, selain itu juga bagian pinggiran sungai tidak lagi terancam habis terkikid air. Mat Darmawan cukup berharap agar pemkab dapat segera melakukan pemasangan lanjutan bronjong disungai itu.

“Kita sangat mengharapkan kepada pemkab, melalui dinas terkait agar kondisi sungai Waymayah yang ada diwilayah Pekon Waynukak ini, dapat dipasang bronjong lanjutan kembali hingga kemuara laut, karena ini sangat diharapkan masyarakat setempat untuk mengantisipasi terjadinya bencana, terlebih jika musim hujan tiba bisa dipastikan aliran sungai ini akan meluap dan di tambah lagi saat laut sedang pasang yang mengakibatkan air akan meluap hingga ke pemukiman warga setempat,” harap Mat Darmawan. (nov)

Tidak ada komentar