HEADLINE

Koperindag Pastikan Kebutuhan Masyarakat Cukup

Pesisir Barat - Dinas Koperasi Industri Dan Perdagangan (Koperindag) Kabupaten Pesisir Barat (KPB) memastikan kebutuhan masyarakat saat romadlon hingga hari raya idul fitri mendatang. Karena berdasarkan hasil kroscek pihak koperindag kebutuhan masyarakar ditingkat pasaran diperkirakan akan terpenuhi dengan baik, selain itu harga-harga kebutuhan masyarakat seperti bawang merah, bawang putih, beras, daging sapi dan ikan meski meningkat namun masih dalam batas kewajaran.

Demikian dikatakan Kadiskoperindag, Marzuki Ali, S.Pd., M.Pd., ketika dikonfirmasi wartawan koran ini, Kamis (18/7), bahwa berdasarkan hasil pemantauan dilapangan kebutuhan pokok saat romadlon dan jingga menjelang hari raya dipastikan cukup. Selain cukup, Marzuki mengatakan bahwa harga seluruh kebutuhan ditingkat pasaran sejak awal romadlon memang mengalami kenaikan, namun kenaikan tersebut masih dalam batas kewajaran. "Dari koperindag sudah beberapa kali melakukan pengecekan di pasaran dan sampai saat ini masih sangat stabil, maka dari itu kami bisa memastikan hingga lebaran kebutuhan masyarakat cukup," papar Marzuki.

Menurut Marzuki, pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan Dinas Pertanian (Distan), Dinas Perternakan (Disnak) sebagai langkah untuk memastikan bahwa kebutuhan masyarakat cukup dan berdasarkan hasil koordinasi tersebut maka disimpulkan untuk kebutuhan masyarakat dipastikan cukup. "Alasan kami untuk memastikannya juga berdasarkan hasil koordinasi dengan dinas-dinas terkait," lanjutnya.

Dia menjelaskan kini harga daging sapi kini mencapai Rp100 ribu /Kg dan diperkirakan harga tersebut akan bertahan hingga hari raya mendatang, untuk harga ikan bluemarlyn atau biasa disebut masyarakat setempat ikan tuhuk mencapai Rp50 ribu/Kg, dan untuk ikan tongkol harga mencapai Rp30 ribu/Kg. Namun harga tersebut masih bisa untuk mengalami kenaikan lagi, terlebih ketika mendekati hari raya. "Harga ikan dan daging sekarang bukan tidak mungkin akan terus mengalami kenaikan, berkaca dari sebelumnya ketika mendekati hari raya kenaikan mulai akan terlihat," kata dia.

Marzuki menjelaskan bahwa dari beberapa kebutuhan yang mengalami kenaikan hanya beras yang belum mengalami kenaikan dan diperkirakan tidak akan naik, saat ini ditingkat pasaran harga beras mencapai Rp7 ribu/Kg. "Harga itu perkiraan kami tidak akan naik lagi, alasannya karena tidak lama lagi pesisir barat memasuki masa panen," imbuhnya.

Marzuki berharap agar pedagang dalam menjual kebutuhan masyarakat dapat berpikiran yang baik. Artinya, tidak menjual kebutuhan yang memang tidak layak konsumsi atau kadaluwarsa, karena hingga kini pihaknya bersyukur belum menemukan pedagang yang menjual bahan makanan yang memang sudah kadaluwarsa. Marzuki juga berharap agar pedagang tidak melakukan spekulasi yang dapat memberatkan pembeli yaitu menaikan dengan sembarangan tanpa melihat kemampuan masyarakat pembeli. "Saya juga berharap kepada pembelinya agar membeli kebutuhan yang memang dibutuhkan, itu bertujuan agar barang yang terbeli dapat digunakan maksimal dan tidak terkesan mubadzir," tandasnya. (nov)

Tidak ada komentar