HEADLINE

Sisi Kelautan KPB Harus Lebih Diperhatikan

PESISIR BARAT-Secara keseluruhan wilayah Kabupaten Pesisir Barat (KPB) adalah wilayah kelautan yang selama ini hasil laut yang diperoleh nelayan cukup baik. Untuk itu banyak pihak utamanya nelayan, berharap agar Pemkab Pesisir Barat untuk mampu memberikan kemajuan terhadap kesejahteraan nelayan-nelayan yaitu dengan cara memberikan ruang lebih terhadap para nelayan dan memberikan bantuan-bantuan fasilitas yang dibutuhkan demi meningkatnya hasil tangkapan ikan.

Demikian dijelaskan salah seorang warga nelayan Pekon Tanjungsetia Kecamatan Pesisir Selatan, Iswandi, ketika dikonfirmasi wartawan koran ini, Minggu (2/6), bahwa dengan telah dimulainya roda pemerintahan KPB, hal itu seharusnya mampu membawa kemajuan terhadap segala bidang, tak terkecuali disisi kelautannya. Karena jumlah masyarakat yang sehari-harinya berprofesi nelayan cukup banyak, maka pemkab setempat harus mampu memberikan perhatiannya terhadap sisi tersebut demi meningkatnya kesejahteraan masyarakat nelayannya. "Hasil laut yang diperoleh nelayan-nelayan selama ini terbilang baik, itu terlihat dengan banyaknya berbagai jenis ikan atau lobster yang dijual hingga keluar daerah," ujar Iswandi.

Menurut Iswandi, hal tersebut dapat dijadikan bukti serta alasan bagi pemerintah untuk harus memberikan solusi terhadap para nelayan tentang cara-cara yang lebih efektiv agar hasil tangkapannya dapat lebih  dengan tidak merusak ekosistem dalam laut, serta meningkat mewujudkan pembangunan-pembangunan yang dapat membawa kemajuan terhadap masyarakat nelayan tersebut. "Karena tanpa peran pemerintah maka harapan untuk dapat melihat masyarakat nelayan yang sejahtera secara merata, sulit untuk terwujud bahkan mungkin tidak bisa," lanjutnya.

Iswandi menjelaskan, ketika pemerintah telah berupaya mensejahterakan masyarakat nelayan itu, yakni dengan memberikan bantuan fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan demi meningkatnya taraf hidup masyarakat, maka wajib hukumnya masyarakat untuk mampu memanfaatkannya dengan maksimal, agar bantuan yang telah diberikan tidak menjadi bantuan yang hanya mubadzir. "Karena lebih baik bantuan dari pemerintah itu dialihkan ke hal lain yang lebih penting, ketimbang diberikan kepada nelayan namun sama sekali tidak dimanfaatkan semaksimal mungkin," imbuhnya.

Iswandi menyadari untuk ditahun 2013 Pemkab Pesisir Barat belum dapat mengucurkan bantuan-bantuannya kepada masyarakat, namun paling tidak hal itu sudah menjadi suatu bahan masukan untuk dapat dipikirkan pemkab. (nov)

Tidak ada komentar