HEADLINE

Sebanyak 24 Kelompok Nelayan Diajukan

PESISIR BARAT-Gabungan Kelompok Pengelola Kelautan dan Perikanan Pesisir (GKPKPP) selaku puncaknya kelompok-kelompok nelayan sepesisir mulai dari Kecamatan Bengkunatbelimbing hingga Kecamatan Lemong Kabupaten Pesisir Barat (KPB) mengajukan permohonan bantuan terhadap kelompok-kelompok nelayan yang kini masih kekurangan peralatan tangkap. Sebanyak 24 kelompok nelayan telah berhasil dimasukkan ke Dinas Kelautan Perikanan (DKP) Kabupaten Lampung Barat (Lambar).

Demikian dijelaskan Ketua GKPKPP, Kamaruzaman, ketika dikonfirmasi wartawan koran ini, Senin (3/6), kini pihaknya tengah menunggu atas pengajuan bantuan 24 kelompok nelayan ke DKP Lambar yang telah selesai dilakukan pengajuannya beberapa bulan lalu. "Kita mengajukannya ke DKP Lambar, alasannya karena untuk 2013 Pemkab Pesisir Barat belum mempunyai anggaran, sehingga pengajuannya dilakukan ke DKP Lambar," terang sosok yang akrab disapa Maman ini.

Menurut Maman, pihaknya hingga kini masih menunggu kapan usulan bantuan tersebut diajukan. Dari masing-masing kelompok yang diajukan jika dirata-ratakan besarnya dana yang dibutuhkan berkisar hinggar Rp200 juta lebih. Alasannya, karena dimasing-masing kelompok memiliki anggota sebanyak 10 orang. "Sehingga dalam satu kempok masing-masing anggotanya ada yang mengajukan bantuan perahu, mesin, dan alat tangkap lainnya. Namun jika ditotalkan seluruh kelompok yang kita ajukan dananya sangat besar," lanjut Maman.

Meski demikian, kata Maman, belum dapat dipastikan apakah ke 24 kelompok yang diajukan secara keseluruhan akan menerima bantuan atau tidak. Keputusannya sesuai dengan yang ditunjuk oleh dinas nantinya, selanjut pihak GKPKPP yang akan membagikan dana bantuan yang telah dicairkan itu. "Tidak bisa dijamin apakah ke 24 kelompok nelayan ini nantinya semuanya akan terima dana bantuan atau tidak," jelas Maman.

Maman berharap agar ajuan bantuan yang telah diajukan itu dapat segera dicairkan oleh pemerintah yang dalam hal ini melalui DKP Lambar. Karena hingga kini masyarakat nelayan yang masuk dalam kelompok nelayan dan tergabung ke GKPKPP itu benar-benar membutuhkan bantuan sesuai yang telah diajukan. "Semoga usulan bantuan yang sudah kami masukkan itu dapat segera terrealisasi, agar nelayan-nelayan dapat menjalankan aktivitasnya dengan maksimal demi kesejahteraan mereka," pungkas Maman. (nov)

Tidak ada komentar